Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Tidore Kepulauan berencana bangun museum

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Ternate, Jubi – Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut), akan membangun museum untuk menyimpan berbagai data dan peninggalan sejarah Kesultanan Tidore. Tercatat, Pemkot Tidore Kepulauan mulai menyiapkan sejumlah data, termasuk minta sejumlah data pendukung lainnya dari warga masyarakat.

"Diangkatnya sejarah ini akan kami buat dalam bentuk buku dan storyline yang akan dipajang di Museum Sonyinge Malige. Saat ini kami bekerjasama dengan pihak akademisi dari Fakultas Kebudayaan Universitas Khairun Ternate," kata Kepala Disbudpar Kota Tidore Kepulauan, Yakub Husain, Minggu (4/11/2018).

Tidore Kepulauan berencana bangun museum 1 i Papua

Yakub mengaku pengumpulan data untuk memudahkan penulisan sejarah bisa terukur tanpa ada yang komplain.

“Jadi, untuk melegitimasi kegiatan ini dan akan mengundang akedimisi dari UGM dan pihak Kementrian untuk melakukan FGD,” kata Yakub menjelaskan.

Menurut dia, sejumlah perjalanan bersejarah yang telah dilalui sejumlah sultan yang telah menduduki tahta kekuasaannya di Tidore, bakal terus digali dan dihidupkan kembali. Disbudpar mulai melakukan pengumpulan data yang dimulai dari Sultan Saifudin sampai pada masa Sultan Zainal Abidin Syah.

Disbudpar berupaya mengembalikan identitas Tidore dengan membuat Museum terbuka, sehingga dapat memperlihatkan keterangan atas tempat-tempat sejarah seperti Istana Mareku dan Selawaring di Rum maupun sejumlah tempat-tempat bersejarah lainnya yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

Loading...
;

"Tujuan dari pembuatan museum terbuka ini hanya untuk memperkenalkan bahwa di Tidore ini ada tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah yang tidak kalah hebatnya dengan daerah lain, serta memperkenalkan kepada masyarakat maupun pengunjung tentang wajah Tidore tempo dulu," katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top