Tiga desa ini terisolasi banjir

Ilustrasi banjir di Tonga. - RNZI/ HMAF

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kendari, Jubi– Tiga desa pada dua kecamatan di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, masih terisolasi akibat banjir yang melanda daerah tersebut sejak beberapa hari terakhir. Tiga desa tersebut meliputi Desa Tambakua Kecamatan Landowia serta Desa Sambandete dan Desa Puuhialu di Kecamatan Oheo.

“Hanya akses jalan menuju ke tiga desa tersebut yang susah dilalui karena jalan terendam banjir dengan arus air yang cukup kencang. Untuk bisa masuk ke tiga desa tersebut harus dengan rakit,” kata Kabag Humas Pemkab Kabupaten Konawe Utara, Aminuddin, Selasa, (23/6/2020)

Baca juga : Hampir dua ribu warga daerah ini mengungsi akibat banjir

Dihantam banjir, jembatan Bailey penghubung Trans Seram di Tala terputus

Pengungsi banjir bandang tidak tersentuh layanan kesehatan

Aminuddin mengatakan jika  hujan masih terus turun, maka  Pemkab Kabupaten Konawe Utara akan mengambil langkah untuk mengungsikan warga yang berada di tiga desa tersebut.

Loading...
;

Tercatat sejak Senin (22/6/2020)  kemarin hingga Selasa saat ini, cuaca masih di kawasan tersebut berubah-ubah. “Kalau kemarin Senin cuaca cukup panas sedangkan hari ini atau Selasa pada pagi hari cerah tetapi sekarang sudah mulai mendung lagi,” kata Aminuddin menambahkan.

Sedangkan pengungsi korban banjir di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, hingga sekarang ini mencapai 2.208 orang dari 1.185 kepala keluarga. Para pengungsi tersebut tersebar di 18 desa dan satu kelurahan yang berada di enam kecamatan.

Banjir akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut 13 hingga 15 Juni 2020 sehingga mengakibatkan tiga sungai meluap, yaitu Sungai Lalindu, Sungai Landawe, dan Sungai Lasolo. Banjir itu mengakibatkan satu unit masjid di Desa Puuwanggudu terendam air.

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir menyusul banjir yang melanda beberapa bagian wilayahnya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top