HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tiga orang positif Covid-19 di Jayawijaya

Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua saat menggelar jumpa media terkait pasien positif Covid-19-Jubi/Islami.
Tiga orang positif Covid-19 di Jayawijaya 1 i Papua
Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua saat menggelar jumpa media terkait pasien positif Covid-19-Jubi/Islami.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Tim penanganan Covid-19 Jayawijaya mengkonfirmasi jika terdapat tiga orang pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 (corona), setelah pada Minggu (12/4/2020) malam mendapatkan informasi dari dinas kesehatan provinsi Papua.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan, setelah mendapat konfirmasi dari dinas kesehatan provinsi Papua dan laboratorium kesehatan daerah, tiga orang pasien dinyatakan positif.

Tiga orang positif Covid-19 di Jayawijaya 2 i Papua

“Jadi, dua orang tinggal di Wamena mereka ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) tetapi terkonfirmasi positif, satunya lagi merupakan PDP dari kabupaten pemekaran yang sempat dirujuk ke RSUD Wamena,” katanya saat gelar jumpa media di kantor dinas otonom Wenehule Huby Wamena, Senin (13/4/2020).

Menurutnya, satu orang yang awalnya dirujuk ke RSUD Wamena ini sempat mendapat perawatan yang masuk dengan kondisi malaria.

Namun hasil pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) khusus swab hidung dan tenggorokan yang dikirim ke Jayapura.

Karena punya gejala mirip dengan covid-19, maka yang dari kabupaten pemekaran ini dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya positif. Ketiganya ini tiba di Wamena dan kabupaten pemekaran itu sebelum dilakukan penutupan bandara, katanya.

Loading...
;

Ia menjelaskan, ketiganya ada riwayat perjalanan dari daerah terpapar sebelum diberlakukan penutupan bandara kini sudah dalam perawatan dari tim medis rumah sakit Wamena, dan ketiganya pun tengah dalam isolasi di RSUD Wamena.

Bupati mengimbau, masyarakat di Jayawijaya dan pegunungan tengah agar tidak terlalu mempercayai isu yang berkembang di luar. Setelah adanya tiga orang positif Covid-19 ini, masyarakat diminta untuk lebih banyak tinggal di rumah.

“Sekarang kita sudah tahu ada yang positif, saya harap masyarakat supaya tidak keluar rumah. Ke depan kami akan rapat lagi bersama forkopimda untuk ambil langkah-langkah bagaimana tindak lanjuti mengenai social distancing yang telah diterapkan sejauh ini,” katanya.

Sementara itu direktur RSUD Wamena, dokter Felly Sahureka mengatakan, tim covid-19 Jayawijaya akan terus memantau perkembangan ketiga pasien tersebut selama dalam masa isolasi, dengan pengobatan secara standar sehingga tidak menularkan ke orang lain.

Tim juga akan melakukan pengecekan terhadap keluarga pasien maupun orang-orang yang sempat berkontak dengan ketiganya.

Jika untuk keluarga pasien tetap dilakukan pemeriksaan swab untuk pengamanan, selain itu orang yang sempat kontak dengan pasien, katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa