Follow our news chanel

Previous
Next

Tiga tahun terbentuk, pengurus tenaga kerja bongkar muat Kabupaten Jayapura baru dilantik  

Papua
Sejumlah anggota TKBM Sinarpauw saat mengikuti arahan Bupati Jayapura di aula lantai dua Kantor Bupati. Jubi / Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw telah mengukuhkan pengurus Koperasi Tenaga Bongkar Muat (TKBM) Sinarpauw Maribu-Depapre di aula lantai dua Kantor Bupati Gunung Merah Sentani, Jumat (7/8/2020).

Koperasi Sinarpauw telah terbentuk sejak 2016 lalu yang membawahi seribu TKBM yang akan bekerja di Pelabuhan Kontainer Depapre, yang mana kepengurusannya langsung oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Jayapura.

Bupati Awoitauw dalam sambutannya usai melantik Kepengurusan Koperasi tersebut mengatakan, momentum pelantikan kepengurusan ini sangat penting dari semua upaya dan usaha yang sedang dan terus akan dilakukan dalam proses pengoperasian dermaga kontainer dan peti kemas di Depapre.

Dikatakan, pelabuhan Depapre ke depan akan menjadi pintu masuk semua usaha industri yang akan dilakukan diwilayah tersebut. Dan ini membutuhkan perhatian semua pihak.

“Industri pertanian, perikanan, kelautan, agroindustri, hingga industri rumah tangga, dan pengolaan kayu,” ujar Bupati Awoitauw.

Mathius juga menegaskan kepada pengurus yang akan mengelolah semua sistem ketenagakerjaan yang beroperasi di Dermaga peti kemas agar bekerja secara maksimal, sungguh-sungguh dan tentunya dengan mengacu kepada aturan-aturan yang berlaku.

“Semua tenaga kerja yang dikerjakan harus fokus kepada masyarakat asli yang berada di wilayah tersebut, depapre dan maribu,” tegasnya.

Loading...
;

Menurutnya, manajemen atau pihak yang mengurusi Koperasi TKBM harus bekerja secara profesional dan mampu bersaing di era perdagangan bebas saat ini.

Oleh sebab itu keterampilan dan kompetensi TKBM harus ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan dan uji kompetensi terutama dalam mengoperasikan peralatan berteknologi tinggi tanpa melupakan kesehatan dan keselamatan kerja para TKBM.

“Peningkatan kapasitas harus lebih sering dilakukan, pengurus sudah harus memikirkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan hal tersebut,” katanya.

Bupati juga tak hanya menyampaikan selamat kepada pengurus koperasi sinarpauw tetapi juga pada TKBM yang telah direkrut sebagai garda terdepan operasional dermaga kontainer dan petikemas di Depapre.

D itempat yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Jayapura, Ferra J Alfaris mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas dikukuhkannya pengurus Koperasi TKBM Sinarpauw Maribu-Depapre.

Lebih lanjut Ferra menjelaskan, lambatnya pengukuhan pengurus bukan karena disengaja oleh pihaknya tetapi saat ini operasional pelabuhan Depapre sedang proses pengerjaan.

“Dengan pengukuhan pengurus koperasi TKBM berarti sudah tidak lama lagi dermaga depapre akan beroperasi,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top