Follow our news chanel

Tim Pemilu PIF kunjungi Indonesia dan Nauru

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Dalam rangka melanjutkan komitmennya terhadap tata kelola pemerintahan yang baik serta pemilu bebas dan adil di kawasan itu, Pacific Islands Forum (PIF) berpartisipasi dalam misi terkait pemilu ke Indonesia dan Nauru minggu ini.

PIF menerima undangan dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam Program Kunjungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indonesia 2017, yang akan berlangsung 15 Februari mendatang.

Dari lebih 100 pelaksaan Pilkada di Indonesia, tim PIF terebut akan mengamati aktivitas Pilkada di Jayapura dan Manokwari Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sekretaris Jenderal PIF, Dame Meg Taylor menerima undangan itu dan mengatakan “kawasan Pasifik dan Indonesia memiliki keyakinan yang sama atas prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan adil dalam pemilu. Saya yakin banyak yang bisa kita pelajari dari negeri demokrasi ketiga terbesar di dunia itu.”

Tim dari PIF terdiri dari Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Vanuatu, Sambue Antas, dan Fetogi Vaai dari Komisi Pemilu Samoa dengan dukungan dari Sekretariat Forum.

Selain Indonesia, Komisi Pemilu Nauru juga mengundang PIF dan Sekretariat Persemakmuran yang akan melakukan misi bersama ke Nauru guna mendukung Workshop Komisi Pemilihan Umum Pasca pemilu 2016 pada Selasa (14/2) dan Rabu (15/2) mendatang.

Loading...
;

Misi forum ini akan dipimpin oleh Gail Owen, yang menjadi anggota Tim Peninjau untuk pemilu Nauru tahun lalu. Owen akan didukung oleh staf dari Sekretariat Forum.

Sekjend Taylor juga menyambut baik undangan Nauru terebut, dan mengatakan “ini menunjukkan komitmen Nauru untuk lebih terbuka dan transparan terkait proses pemilu mereka. Ini juga menunjukkan bahwa mereka tertarik untuk meningkatkan sistem mereka di masa yang akan datang.”(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top