Follow our news chanel

Tim pengamat PIF awasi pemilihan umum Kepulauan Cook

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rarotonga, Jubi – Misi Pemantauan Pemilu Forum Kepulauan Pasifik (PIF) telah tiba di Kepulauan Cook, untuk mengamati pemilihan umum di negara itu yang dilaksanakan 14 Juni 2018

Tim Pengamat beranggotakan empat orang itu, dipimpin seorang pejabat Senior asal Kepulauan Solomon, terdiri dari Kepala Staf Pemilihan Umum Niue dan staf dari Sekretariat PIF.

Mereka berada di Cook atas undangan langsung Pemerintah Kepulauan Cook sebagai anggota PIF. Selama kunjungan di Cook, kelompok itu akan mengamati proses pemilihan hingga penutupan pemilihan 14 Juni.

Di bawah kerangka kerja Framework for Pacific Regionalism, 18 negara anggota PIF, termasuk Kepulauan Cook, telah berjanji untuk memperjuangkan dan menegakkan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik di semua negara anggotanya, pembentukan dan Misi Pemantauan Pemilu PIF untuk setiap kegiatan pemilihan adalah landasan utama dari komitmen ini.

Sekretaris Kementerian Urusan Luar Negeri dan Imigrasi, Tepaeru Herrmann, menyambut tim misi pengamat, Pemerintah Kepulauan Cook mengakut pentingnya misi pengamat independen seperti ini, sebagai kesempatan untuk memperkuat proses demokrasi nasional kita sendiri, dan untuk berbagi pengalaman dengan negara-negara anggota Forum kita yang lainnya.”

Selama kunjungannya, tim pengamat itu bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan di Kepulauan Cook termasuk pejabat pemerintah, partai politik, kelompok pemuda dan gereja, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, dan media.

Loading...
;

Tim ini juga akan melakukan perjalanan ke Aitutaki sebagai bagian dari program pengamatan mereka.

Kedatangan Misi Pengamat PIF disambut baik oleh Ketua kantor pemilihan umum, Chief Electoral Office, Kepulauan Cook, Taggy Tangimetua, yang sebelumnya pernah terlibat dalam Tim Pengamat Pemilu PIF untuk pemilihan umum di Vanuatu 2016 lalu.

“(Misi) ini akan berkontribusi pada transparansi dan integritas dari proses pemilihan umum kita di Kepulauan Cook,” kata Tangimetua.

Selain berdiskusi dengan para pemangku kepentingan, tim itu juga akan mengamati pembukaan pemiliihan, pemungutan suara, penutupan dan penghitungan suara. (PINA)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top