HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tim SAR fokuskan pemantauan di perairan dan pelabuhan

Petugas bersiaga di Posko SAR di Kantor Polisi Perairan Nabire – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Nabire bersiaga selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Mereka juga melibatkan anggota Pramuka serta personel TNI dan Polri dalam kesiapsiagaan tersebut.

“Kesiagaan berlangsung sejak 18 Desember hingga 3 Januari mendatang. Kami turunkan (siagakan) delapan personel, dan dibantu (anggota) Pramuka Peduli serta Pihak TNI dan Polri,” kata Kepala Pos SAR Nabire Tri Joko kepada Jubi, Senin (23/12/2019).

Pos SAR Nabire turut menyiagakan seluruh sarana dan prasarana, armada serta peralatan pendukung lain selama masa siaga Natal dan Tahun Baru. Fokus kesiagaan mereka ialah pada potensi kecelakaan yang membutuhkan penanganan cepat.

“Posko (siaga) berada di area Kantor 1 Pos SAR Nabire, Polisi Perairan, Polsek Pelabuhan Laut, dan posko mobile (bergerak). Arah dan sasaran (pengawasan ialah) jalur transportasi udara dan laut, pelabuhan umum maupun penyeberangan antarpulau,” jelas Joko.

Dia melanjutkan mereka akan memantau arus penumpang dan aktivitas keluar-masuk Kapal Pelni di Pelabuhan Nabire. Petugas SAR dan Polisi Perairan bakal berpatroli dengan perahu karet bermotor untuk memantau situasi perairan di sekitar kapal berlabuh.

“Penumpang kapal biasa kurang safety (mengabaikan keselamatan) atau karena mabuk akhirnya jatuh (tercebur ke laut). Ini sering terjadi pada saat hari raya,” lanjut Joko.

Loading...
;

Adapun untuk penanganan kecelakaan atau musibah di wilayah daratan, Tim SAR berupaya secepatnya berada di lokasi kejadian. Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pos SAR Nabire juga menyediakan pusat informasi bebas pulsa yang bersiaga setiap waktu. Masyarakat bisa menghubungi mereka di nomor telepon 115.

Anggota Pramuka Peduli Lodwik Sinere mengaku mereka merupakan binaan dari Posko SAR Nabire. Dia dan kawan-kawan telah beberapa kali dilibatkan dalam kegiatan SAR.

“Kami mendapat banyak materi (pembekalan) dari SAR, terutama mengenai pertolongan pada kecelakaan. Setiap kegiatan SAR, kami selalu dilibatkan,” kata Sinere. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top