Follow our news chanel

Tim Sepak Bola Papua mesti benahi mental pemain

Papua
Pelatih Tim Jawa Timur Rudy Wiliam Keltjes (menghadap kamera) berdiskusi dengan Eduard Ivakdalam (kanan) dan Gerald Pangkali (kiri) - Jubi/Husain.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi Tim Papua berhasil menekuk Jawa Timur dalam dua kali kesempatan laga eksibisi sepak bola di Jayapura, pekan lalu. Kemenangan itu dibayangi kritikan dari pihak lawan.

“Tim Papua bermain keras (kasar) pada laga pertama. Kalau bukan karena (menghormati) Papua, saya sudah minta pulang (membatalkan pertandingan berikutnya),” kata Pelatih Tim Jawa Timur Rudy Wiliam Keltjes, pekan lalu.

Keltjes pernah menukangi Persipura pada musim kompetisi Liga Indonesia 1999-2000, dan 2003. Salah satu anak asuhnya ialah Eduard Ivakdalam yang kini menjadi pelatih Tim Papua.

Keltjes menilai skuad besutan Ivakdalam itu juga mudah emosi atau temperamental. Kondisi itu dianggapnya bisa menjadi batu sandungan dalam meraih prestasi moncer pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021.

“Edu (Ivakdalam) harus bersabar dan mengontrol emosi pemainnya. Saya yakin Edu bisa memberikan prestasi melalui timnya asal itu (sifat temperamental pemain) bisa dibuang,” jelas pelatih asal Situbondo, Jawa Timur tersebut.

Ivakdalam mengamini pendapat Keltjes. Dia menyadari masih banyak yang harus dibenahi pada tim mereka.

“Kami masih perlu meminimalisasi kesalahan-kesalahan mendasar dan juga mental pemain. Pemain masih mudah terpancing emosi, dan itu tidak boleh lagi terjadi pada saat PON nanti,” kata mantan jenderal lapangan Persipura tersebut.

Loading...
;

Kendati demikian, Edu tetap salut dengan penampilan anak asuhnya. Mereka dinilai telah berjuang habis-habisan walaupun pertandingan itu hanya laga uji coba.

“Tim Jawa Timur menjadi lawan sepadan Papua. Kami belum pernah menghadapi tim seperti itu selama TC (pemusatan latihan) sehingga mendapat banyak pembelajaran dari laga ujicoba tersebut,” jelas Edu. (CR-4)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top