Follow our news chanel

Tim sepak bola PON Papua harus ujicoba ke luar negeri

papua-tim-sepakbola-pon
Tim PON Papua 2021 - Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kemenangan tim sepak bola PON Papua atas tim Jawa Timur dalam laga eksebisi di Stadion Papua Bangkit pada 20 dan 23 Oktober 2020 sebagai modal untuk mempersiapkan laga selanjut.

“Meski sudah menang di laga ujicoba sebaiknya tim asuhan Eduard Ivakdalam ini harus melakukan ujicoba ke luar negeri agar mematangkan mental dan rasa percaya diri,” kata mantan asisten pelatih tim sepak bola PON Papua 2004, Ferdiando Fairyo, kepada jubi.co.id, di Jayapura, Sabtu (7/11/2020).

Lebih lanjut mantan kapten Persipura era 1990-an itu menjelaskan bahwa Ricky Cawor dan kawan-kawan banyak ujicoba keluar negeri minimal ke Thailand.

“Saya menilai Thailand cukup bagus atau bila perlu langsung ke Eropa di klub Belanda,” katanya, seraya menambahkan laga ini penting bagi pesepak bola PON Bumi Cenderawasih agar lebih percaya diri dalam bermain jelang PON Papua 2021 mendatang.

Hal senada juga dikatakan Izaac Womsiwor, mantan wartawan olahraga. Hanya saja Womsiwor masih meragukan permainan tim asuhan Eduard Ivakdalam itu dalam ajang ujicoba melawan tim Jawa Timur karena tim binaan pelatih Rudy William Keltjes itu belum bermain penuh dan maksimal.

“Memang tim Papua menang 1-0 dan 4-0 tetapi tim Jawa Timur belum bermain maksimal, mungkin agak berbeda jika dalam ajang PON XX nanti,” katanya.

Tim sepak bola PON Papua 2021 telah memenangkan dua laga ujicoba masing-masing pada 20 Oktober dan 23 Oktober di Stadion Utama Lukas Enembe di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Loading...
;

Pertandingan ujicoba pertama tim dari Bumi Cenderawasih menang dengan skor tipis 1-0 dan kemenangan kedua 4-0. Pertandingan persahabatan ini bukan menjadi indikator sebenarnya karena pemain belum mengeluarkan semua kemampuannya guna mencegah adanya cedera parah dalam laga ujicoba.

Bagi pelatih tim PON Jawa Timur, Rudy William Keltjes, laga uji eksibisi ini hanya menambah jam terbang agar lebih mantap dalam laga sesungguhnya. Pasalnya bagi mantan pelatih Persipura ini jam terbang dan pengalaman bertanding sangat penting untuk mengasah kerja sama tim dan bermain lepas.

Tim PON Papua sebelumnya telah melakukan ujicoba melawan eks tim PON 2014 diperkuat Gunansar Mandowen dan kawan-kawan. Begitupula melawan tim divisi I Persewar Waropen di Stadion Mahacandra Unversitas Cenderawasih (Uncen) beberapa waktu lalu.

Pelatih Eduard Ivakdalam sendiri mengakui kalau ujicoba penting untuk menambah jam terbang dan melihat kelemahan tim untuk segera dilakukan evaluasi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top