Follow our news chanel

Tim Wushu capai target emas SEA Games

Pewushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo saat beraksi pada nomor Gunshu Putra di Arena World Trade Center Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019) - Antara/Nyoman Budhiana.
Tim Wushu capai target emas SEA Games 1 i Papua
Pewushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo saat beraksi pada nomor Gunshu Putra di Arena World Trade Center Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019) – Antara/Nyoman Budhiana.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Manila, Jubi – Tim Wushu Indonesia memenuhi target perolehan medali di SEA Games 2019 Filipina. Mereka berhasi memboyong masing-masing dua medali emas dan perak sehingga menjadi juara umum pada nomor Taolu atau seni, Selasa (3/12/2019).

Medali emas pertama disumbangkan Edgar Xavier Marvelo dari nomor kombinasi Taolu Daoshu/Gunshu. Dia mengalahkan Pewushu Singapura Jowen Si Wei Lim, setelah meraup poin 19,36. Nilai itu lebih tinggi ketimbang Jowen yang hanya meraih 19,32.  Indonesia Raya pun berkumandang untuk pertama kali di arena wushu SEA Games 2019, setelah tiga hari pertandingan nomor seni.

Edgar kembali mendulang emas untuk Indonesia pada nomor Taolu Duilian. Dia yang berpasangan dengan Seraf Naro Siregar dan Harris Horatius mengumpulkan 9,54 poin. Trio Wushu Indonesia itu mengungguli tim Brunei Darussalam yang mengumpulkan 9,50 poin, dan Filipina dengan 9,49 poin.

“Kami cukup puas dengan penampilan keseluruhan (pada nomor) Taolu. Target emas sudah terpenuhi,” kata Pelatih Kepala Tim Wushu Indonesia Novita.

Sementara itu, dua medali perak bagi Indonesia disumbangkan Harris Horatius dari nomor Nandao/Nangun dan Nanquan.  Dengan memboyong masing-masing dua emas dan perak, Indonesia menjadi juara umum pada nomor Taolu. Posisi Indonesia dibuntuti Filipina dengan raihan dua emas, satu perak dan dua perunggu serta Malaysia yang meraih dua emas dan satu perak.

Edgar sebenarnya berpeluang mempersembahkan tiga medali emas buat Indonesia. Namun, penampilannya di nomor Changquan pada hari pertama mendapat pemotongan nilai dari juri sehingga terlempar ke peringkat empat.

Loading...
;

Kemenangan Tim Wushu Indonesia juga diliputi kabar duka setelah ayah Edgar dikabarkan meninggal pada Selasa dini hari. Pewushu andalan Indonesia itu pun tak kuasa menahan air mata setelah merampungkan dua pertandingan di hari terakhir. Edgar mendedikasikan kedua medali emas yang diraihnya kepada Lo Tjhiang Meng, mendiang ayahnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top