Follow our news chanel

Tinggal dua capres perebutkan kursi Presiden Palau

Pulau Babelthuap, Palau . - RNZI/ Walter Zweifel

Papua No.1 News Portal | Jubi

Koror, Jubi – Dua capres Palau, Raynold Oilouch dan Surangel Whipps Jr, akan maju dalam pemilu capres putaran kedua pada 3 November mendatang, menurut hasil tidak resmi dari Komisi Pemilihan Umum Palau.

Hampir 8.000 pemilih berpartisipasi dalam pemilu putaran pertama Selasa lalu, dimana Whipps Jr memimpin dengan 3.546 suara, dan Oilouch duduk di peringkat kedua dengan 1.984 suara.

Dua kandidat presiden lainnya, Alan Seid dan Johnson Toribiong, kalah dalam pemilu pendahuluan pada 22 September. Seid dan Toribiong tidak berhasil mendapatkan cukup suara untuk menempati dua tempat teratas. Toribiong menempati urutan ketiga dengan 1.145 suara, dan Seid di urutan keempat dengan 983 suara, menurut hasil tidak resmi dari kantor KPU Palau.

Meskipun surat suara pemilih yang in absentia baru akan dihitung pada 29 September, keunggulan dari dua kandidat teratas sejauh ini telah menyebabkan Seid dan Toribiong untuk mengaku kalah.

Whipps Jr memimpin di semua dusun di Koror dan Airai, juga di semua negara-negara bagian.

Namun tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu pertama ini hanya mencapai 30 % dari jumlah keseluruhan pemilih yang terdaftar yaitu 25.281 orang. Jumlah pemilih diperkirakan akan meningkat setelah surat suara pemilih yang in absentia ditabulasi pekan depan.

Loading...
;

Hasil resmi pemilu putaran pertama diharapkan dapat diumumkan dengan resmi pada akhir minggu depan.

Melalui Facebook, Oilouch berterima kasih kepada orang-orang Palau yang telah berpartisipasi dalam pemilu pertama. Dalam sebuah wawancara, Whipps Jr juga berterima kasih kepada orang-orang karena telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi itu.

Karena negara itu tengah dilanda krisis ekonomi terkait Covid-19, sebagian pemilih mengungkapkan ekonomi sebagai bagian yang penting bagi mereka dalam mengambil keputusan tentang siapa yang akan dipilih. Whipps Jr berkampanye untuk reformasi pajak, menguatkan sistem pendidikan, dan pemerintah yang berkomitmen pada rakyatnya. Sementara itu Oilouch berjanji akan menyediakan pemukiman yang lebih baik bagi orang-orang Palau dan melanjutkan pemerintahan yang stabil.

Presiden Tommy Remengesau Jr akan mengakhiri masa jabatannya yang kedua tahun ini. (Island Times/PACNEWS)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top