HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tinggal setahun lagi, Venue PON 2020 tak kunjung rampung

Stadion Papua Bangkit, stadion utama pelaksanaan PON Papua - Jubi/Arjuna Pademme
Tinggal setahun lagi, Venue PON 2020 tak kunjung rampung 1 i Papua
Stadion Papua Bangkit, stadion utama pelaksanaan PON Papua – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Anggota Komisi IV DPR Papua bidang infrastruktur, Irenius Liku Bolly mengatakan, semua pihak terkait di Papua mesti duduk bersama membahas langkah yang akan diambil untuk mempercepat penuntasan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2020 mesti di Papua, 2020 mendatang.

Ia mengatakan, hingga kini sejumlah pihak pesimis PON dapat berlangsung sukses di Papua, lantaran beberapa venue cabang olahraga (cabor) di lima klaster yang akan melaksanakan pertandingan belum tuntas pembangunannya, padahal waktu efektif tersisa satu tahun lagi.

Tinggal setahun lagi, Venue PON 2020 tak kunjung rampung 2 i Papua

“Wajar ada yang pesimis karena tahun ini mestinya tahun finishing, namun saya optimis PON dapat berlangsung di Papua, jika semua pihak terkait dudu bersama mencari solusi percepatan pembangunan venue,” kata Liku Bolly kepada Jubi akhir pekan kemarin.

Menurutnya, perlu menginventarisir semua pembangunan venue PON di lima klaster, untuk mengetahui mana yang prosesnya dapat dipercepat dan yang bermasalah segera dicarikan solusi, agar dapat secepatnya ditenderkan dan pengerjaannya segera dilakukan.

“Kalau ditenderkan, jangan asal tender. Namun kontraktor yang akan mengerjakannya harus benar-benar mempunyai kemampuan menyelesaikan venue itu tepat waktu. Kalau perlu datangkan dari luar yang penting bisa kejar waktu,” ujarnya.

Kata Liku Bolly, jika pihak yang mengerjakan venue PON benar-benar punya kapasitas, tidak mustahil menyelesaikannya dalam sisa waktu yang ada. Ia mencontohkan, pembangunan pasar mama-mama Papua yang dapat rampung dalam waktu tidak terlalu lama, setelah Presiden Jokowi memerintahkan segera dibangun.

Loading...
;

“Kalau melihat sisa waktu yang ada, memang banyak yang akan beranggapan tidak mungkin. Namun jika Pemprov Papua dan pihak terkait lain serius, saya yakin semua bisa selesai tepat waktu,” ucapnya.

Sementara Ketua DPR Papua, Yunus Wonda belum lama ini mengatakan, dewan menyepakati membentu Panitia Khusus (Pansus) PON.

“Saat kami rapat Badan Anggaran Dewan, kami membahas beberapa hal. Salah satunya fokus terkait PON XX, bagaimana agar dinas-dinas terkait dapat porsi anggaran yang tepat untuk menunjang pelaksanaan PON,” kata Wonda.

Menurutnya, jika bicara suksesi PON, dinas terkait harus mendapat perhatian khusus. Meski begitu, ia tidak ingin fokus suksesi PON Papua mengesampingkan program lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. (*)

 

Reporter         : Arjuna Pademme

Editor              : Edho Sinaga 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa