HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Papua di atas tingkat kesembuhan nasional

Covid19 Papua
Foto ilustrasi, pandemi Covid-19 di Tanah Papua - Jubi/ Leon
Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Papua di atas tingkat kesembuhan nasional 1 i Papua
Foto ilustrasi, pandemi Covid-19 di Papua. – Jubi/Leon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hingga Kamis (23/4/2020), tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Papua masih lebih baik dibandingkan tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 nasional. Jumlah pasien positif Covid-19 di Papua telah mencapai 131 kasus, dan sejumlah 35 pasien telah dinyatakan sembuh.

Hal itu dinyatakan juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG di Jayapura, Kamis. Sumule menyatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang mencapai 27 persen itu memberikan harapan, mengingat sangat terbatasnya kapasitas dan fasilitas pelayanan kesehatan di Papua.

Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Papua di atas tingkat kesembuhan nasional 2 i Papua

“[Prosentase kesembuhan] itu menunjukan Tuhan bersama kita. Teman teman tenaga medis di rumah sakit bekerja luar biasa, karena berhasil memberikan pelayanan terbaik sehingga 35 pasien yang kita rawat telah sembuh. [Tingkat yang sangat tinggi dibanding dengan angka nasional yang mencapai 11 persen.,” kata Sumule.

Sumule menyatakan kecepatan petugas kesehatan untuk menemukan kasus positif Covid-19 sedini mungkin menjadi kunci tingginya tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Papua. “Begitu ditemukan, pasien langsung dibawa ke rumah sakit. Di rumah sakit, petugas langsung menangani. Jika pasien sakit ringan, kita berusaha agar tidak menjadi sakit sedang. Pasien yang sakit sedang, kita berusaha [agar] tidak menjadi sakit berat. Pasien yang sakit berat, kami berusaha agar tidak meninggal dunia,” kata Sumule.

Pada Kamis, Satuan Tugas Covid-19 Papua mengonfirmasi tujuh kasus baru positif Covid-19, sehingga jumlah total kasus positif Covid-19 di Papua bertambah menjadi 131 kasus. Dari jumlah itu, sejumlah 89 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit, 35 orang dinyatakan sembuh, dan tujuh orang meninggal.

Menurut Sumule, kasus baru positif Covid-19 yang itu antara lain ditemukan di Kabupaten Mimika (2 kasus), Kabupaten Keerom (2 kasus). Sejumlah tiga kasus positif lainnya ditemukan pada anak buah kapal (ABK) KM Dobonsolo yang Senin (20/4/2020) lalu bersandar di Pelabuhan Jayapura dan menurunkan kargo.

Loading...
;

Tiga ABK itu menambah daftar ABK KM Dobonsolo yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura karena positif Covid-19. Pada Rabu (22/4/2020), Satuan Tugas Covid-19 juga telah mengonfirmasi satu ABK KM Dobonsolo positif Covid-19.

Jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) di Papua mencapai 3.850 orang. Sementara jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) di Papua mencapai 175 orang, atau bertambah 15 orang. Hingga Kamis, Laboratorium Litbangkes Papua telah memeriksa 682 sampel pasien.

Di Jakarta, juru bicara pemerintah untuk urusan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Kamis mengonfirmasi 357 kasus baru positif Covid-19, menambah jumlah kasus positif di Indonesia menjadi 7.775 kasus. “Pertambahan kasus konfirmasi positif hari ini 357 orang, sehingga jumlah total menjadi 7.775 orang. Jumlah kasus sembuh bertambah 47 orang, sehingga jumlah total menjadi 960 orang. Kasus meninggal bertambah 11 orang, sehingga menjadi 647 orang,” kata Yurianto dalam keterangan persnya, Kamis.

Yurianto menyatakan keberhasilan upaya penanganan Covid-19 bergantung peran semua masyarakat. “Keberhasilan penanganan Covid-19 juga ditentukan kerjasama perangkat RT/RW, desa, sampai dengan pelaksanaan isolasi mandiri baik perorangan sampai kelompok, dan kepatuhan penerapan PSBB. Upaya itu akan diperkuat dengan penelusuran kontak dekat yang dilaksanakan oleh otoritas dinas kesehatan setempat dibantu aparat setempat, serta pengujian sampel secara masif,” kata Yurianto.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa