Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tingkatkan asupan gizi anak dengan metode demonstrasi emosional

Dinas Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kabupaten Mamberamo Tengah menyelenggarakan Pelatihan Strategi Perubahan Perilaku Pemberian Makan Bagi Anak melalui Metode Emo-Demo (Emotional Demonstration) di Distrik Kelila, Kampung Binime, Selasa 13 Februari 2020. – Jubi/Doc Kesmas Mamteng.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Tengah menyelenggarakan Pelatihan Strategi Perubahan Perilaku Pemberian Makan Bagi Anak melalui Metode Emo-Demo (Emotional Demonstration) di Distrik Kelila, Kampung Binime, Selasa 13 Februari 2020.

Kegiatan yang merupakan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,  Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) serta BAMAS PAPUA (Bangkit Mandiri Sejahtera Papua) ini digelar sebagai salah satu upaya peningkatkan asupan gizi anak mulai dari lingkungan rumah tangga.

Pelatihan ini diikuti oleh oleh delapan Puskesmas yakni Puskesmas Kobakma, Taria, Ilugwa, Eragayam, Kelila, Uganda, Dogobak dan Yikwanak.

Dalam pelatihan ini ada sejumlah materi yang diberikan seperti Pemberian ASI ekslusif, mengatur jadwal makan, menakar porsi makan bayi dan anak, serta pola hidup bersih dan sehat.

Kabid Kesehatan Masyarakat Helda Walli mengapresiasi  GAIN karena menghadirkan metode Emo-Demo. Pelajarannya sangat menyentuh dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh tenaga kader di posyandu.

“Saya mewakili pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah yang membidangi Kesehatan Masyarakat memberikan apresiasi yang tinggi kepada Global Alliance of Improved Nutrition atas memberikan pelatihan Emo-Demo. Motede ini sederhanan  dan mudah dimengerti serta dapat berpartisipasi seluruh kader kesehatan, ibu balita dan ibu hamil,” katanya.

Loading...
;

Ia berharap, para peserta yang terlatih dapat melatih para kader posyandu di daerah masing-masing.

“Diharapkan agar petugas gizi, dan promosi kesehatan dibantu oleh kepada puskesmas segera dapat melatih para kader posyandu  sehingga metode Emo-Demo wajib digunakan di setiap pelayanan posyandu, kelas ibu hamil, kelas ibu balita , guru Paud serta perkumpulan ibu-ibu di wilayah kerja puskesmas se Mamberamo Tengah,“ katanya.

Ketua BAMAS Papua Dennis Yikwa selaku pengelola lembaga pelatihan dan pengembangan masyarakat kampung terpencil punya pendapat sama. Menurutnya metode yang diajarkan pada para tenaga posyandu bisa menjadi metode baru untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Program metode Emo-Demo ini mampu menyederhanakan materi, pelajaran yang sulit dibuat menjadi mudah sehingga masyarakat dengan mudah memahami cara mengatasi problem kesehatan terutama bagi ibu Hamil dan ibu balita serta pola asuh anak usia dini. Saya yakin pola pengajaran kesehatan seperti ini patut dikembangkan di tanah Papua”, kata Dennis

Kegiatan pelatihan Emo-Demo atau Emotional Demonstration dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah Dr. Marthen Sagrim, didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Mamberamo Tengah Ibu Helda Walli, Ketua BAMAS Provinsi Papua Dennis Penna Yikwa, S.Sos serta Master of Trainer dari Global Alliance for Improved Nutrition Sugiyanto, dan Pipit Sri Wahyuni.

GAIN atau Global Alliance Improved Nutrition adalah lembaga mitra kerja Kementerian Kesehatan RI yang berkomitmen memberikan pelatihan bagi ibu-ibu terutama kader posyandu melalui permainan sederhana tentang pemberian makan bayi dan anak. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top