Tingkatkan pelayanan jaringan komunikasi, Abock Busup sidak tiga lokasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Yahukimo, Jubi – Bupati Yahukimo, Abock Busup melakukan sidak (inspeksi mendadak) pembangunan jaringan telkom di tiga lokasi yakni Keike, Moroku dan Jalan Gunung Desa Tomon I  Senin (12/6/2018) lalu. Peninjauan ini dilakukan untuk memeriksa kesiapan peningkatan layanan jaringan komunikasi yang akan dimanfaatkan oleh warga.

Dalam pemantauan yang dilakukan Bupati berserta jajaran, diketahui saat ini pembangunan sedang dalam proses penyelesaian. Bupati meminta masyarakat untuk bersabar agar bisa menikmati layanan komunikasi secara maksimal.

“Saya minta kepada masyarakat untuk bersabar karena saat ini Pemerintah Daerah melalui Diskominfo sedang berusaha meningkatkan layanan jaringan komunikasi. Peningkatan kapasitas ini kita lakukan agar masyarakat dapat mengunakan layanan telepon seluler yang lebih baik serta internet yang baik karena selama ini masyarakat Yahukimo dalam mengirim dan menerima data selalu ke Jayapura, maka untuk menjawab itu kami sedang berusaha,” kata Bupati Abock Busup usai meninjau lokasi pembangunan tower jaringan komunikasi tersebut.

Dikatakan Bupati, dengan dibangunnya jaringan komunikasi tambahan ini, Ia berharap tak ada lagi kesulitan komunikasi antar warga kampung di Dekai.

“Dengan adanya pembangunan ini juga menjadi sentra komunikasi untuk beberapa Kabupaten yang ada di wilayah pegunungan tengah seperti kabupaten Pegunungan Bintang, Nduga dan Jayawijaya,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dikabupaten Yahukimo, Yeheskiel Suhuniap mengatakan bahwa kebutuhan akan layanan jaringan komunikasi di kabupaten sangatlah penting,

Loading...
;

“Oleh sebab itu sebagai instansi teknis yang menangani komunikasi dan informasi, tentu kami berinovasi untuk mewujudkan visi dan misi yang diprogramkan Pemerintah Daerah di bidang kominfo,” kata Kadis Kominfo

Catatan Diskominfo menunjukkan, tahun 2017 silam, Presiden Jokowi memberikan program pembangunan tower melalui Kementrian Kominfo. Bantuan ini dikelola melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dibawah kendali sementara dari PT. Cenderawasih.

“Kami di Kabupaten Yahukimo mendapat dua Network Operation Center (NOC) diantaranya NOC pertama di bangun di Keike dan NOC Sumohai akan di bangun di distrik Soba, sedangkan lima Repeater diantaranya masing-masing dibangun di distrik Silimo, distrik Soba, distrik Kayo, distrik Dekai ad tiga,” kata Suhuniap.

Menurutnya,  ada sejumlah perbedaan dari dua NOC tersebut. Untuk wilayah pesisir pantai jaringan mengunakan jaringan serat optik dan untuk wilayah pegunungan tengan mengunakan sistem jaringan mikro yang jangkauannya dapat mencapai beberapa Kabupaten yaitu Pegunungan Bintang dan Nduga serta kabupaten Jayawijaya.

Targetnya, pada 2019 mendatang seluruh jaringan yang dibangun sudah dapat beroperasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top