Tingkatkan pelayanan kesehatan, Pemkot dorong Puskesmas terakreditasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura mendorong agar Puskesmas yang ada untuk segera mengurus proses akreditasi. Ini disampaikan Wali Kota Jayapura Rustan Saru usai melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke dua puskesmas di Kota Jayapura.

Menurut Walikota dengan mendapat predikat terakreditasi, Puskesmas akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Pemkot akan berupaya membantu membenahi berbagai sarana dan prasarana puskesmas agar memperoleh akreditasi yang baik.

"Kami berharap tim penilai memberikan nilai yang obyektif. Kalau saya liat puskesmas Abe Pantai layak mendapatkan predikat strata madya sedangkan puskesmas Tanjung Ria saya pikir layak mendapatkan strata Purnama," ujar Walikota.

Dikatakan, jika seluruh puskesmas di Kota Jayapura mampu memberikan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan, maka akan banyak masyarakat yang puas dan tak lagi ragu untuk datang ke puskesmas.

"Kepercayaan masyarakat pun akan meningkat, pasti partisipasi terhadap bidang kesehatan juga akan meningkat,” katanya.

Sementara itu, Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), drg. Nurnaini Iriastuti mengatakan ada sejumlah keuntungan yang didapat jika puskesmas terakreditasi.

Loading...
;

Beberapa diantaranya adalah memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat dan menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi pasien dan masyarakat.

"Untuk mencapai akreditasi tersebut, Puskesmas harus meningkatkan pelayanan di bidang administrasi dan manajemen, usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat," kata drg. Nurnaini Iriastuti kepada wartawan, Rabu (28/11/2018).

Kata drg. Nurnaini, ada empat macam akreditasi yang akan diberikan kepada puskesmas. Empat macam akreditasi tersebut diantaranya Strata Pratama, Madya, Mandiri dan Purnama. Di Jayapura, ada enam puskesmas yang akan menjalani penilaian akreditasi.

"Tahun ini ada enam puskesmas yang akan dinilai untuk mendapatkan akresitas yaitu Puskesmas Abe Pantai, Puskesmas Abepura, Wahno, Tanjung Ria, Hamadi, dan Puskesma Imbi. Akreditasi Puskesmas sangat penting sebagai tolok ukur pelayanan publik di bidang kesehatan," ujarnya.

Disinggung soal dua puskesmas yang sudah dikunjungi, Nurnaini mengatakan, dua puaskesmas tersebut sudah berjalan dengan baik.

"Untuk puskesmas tersebut akan masuk dalam kategori mana tentunya akan kami lihat lagi. Hari ini kami hanya melakukan pemantauan baik dari segi bangunan dan pelayanan," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top