Follow our news chanel

TNI AU Silas Papare gelar layanan kesehatan gratis di posko bencana

Masyarakat saat mendaftarkan diri dalam pengobatan gratis hari Bakti TNI AU - Jubi/Engel Wally
TNI AU Silas Papare gelar layanan kesehatan gratis di posko bencana 1 i Papua
Masyarakat saat mendaftarkan diri dalam pengobatan gratis hari Bakti TNI AU – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Memperingati Hari Bakti ke-72, TNI Angkatan Udara (AU) Silas Papare Jayapura melaksanakan layanan kesehatan (pengobatan) gratis di Posko Bencana SKB Sentani, Sabtu (27/7/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman dan aula serbaguna SKB itu diikuti oleh masyarakat yang terdampak banjir bandang Maret lalu.

Pada kesempatan ini, Kepala Rumah Sakit TNI AU, Dwi Indra Darmawan, mengatakan peringatan hari bakti bagi TNI AU sama halnya dengan kegiatan yang biasa dilakukan oleh instansi lain seperti TNI AD, dan TNI AL, secara khusus di TNI AU untuk mengenang para pendahulu yang telah gugur dalam medan pertempuran untuk merebut kemerdekaan tetapi juga dalam aktivitas kemanusiaan yang dilakukan di masa perang waktu itu.

“Hari bakti ini kita rayakan untuk mengenang perjuangan pahlawan kita yakni Agustinus Adi Soecipto, Adi Soemarmo Wiryokusumo, serta beberapa penumpang lainnya dan juru mekanik, yang membawa obat-obatan dari India bagi korban perang di Indonesia. Tetapi dalam perjalanan menuju Indonesia, pesawat mereka ditembak jatuh oleh Belanda pada 29 Juli 1947,” ujarnya.

Pengobatan gratis yang dilakukan ini, kata dokter ahli bedah dan orthopedi ini, berkolaborasi dengan tenaga medis dari Rumah Sakit TNI AU dan Puskesmas Sentani serta Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.

“Awalnya kami berkoordinasi dulu dengan koordinator posko bencana di sini (SKB-Red), lalu Dinas Kesehatan untuk stok obat-obatan, serta tenaga medis di Puskesmas Sentani. Alhasil, antusias masyarakat di posko ini banyak yang datang memeriksan kesehatan mereka,” katanya.

Loading...
;

Dijelaskan, layanan kesehatan gratis yang dilakukan tidak beda jauh dengan layanan kesehatan yang diberikan di setiap puskesmas dan rumah sakit. Jika ada dari pasien setelah dicek kesehatannya dan perlu penangan lebih lanjut, akan diarahkan ke Rumah Sakit AU ataupun Puskesmas Sentani.

“Semua masyarakat datang mengambil nomor antrian secara teratur, setalah dipanggil berdasarkan nomor antrian, pasien masuk untuk menjelaskan apa yang dideritanya, kemudian mendapat penjelasan dari dokter yang memeriksa, setelahnya diberikan resep obat. Kita juga membuka pemeriksaan laboratorium,” ungkapnya.

Ia berharap dari kegiatan ini dapat menjadi representatif TNI d itengah masyarakat, tidak hanya soal penjaga keamanan dan garda terdepan pembela Bangsa Indonesia.

“TNI tidak hanya kerja yang militer saja, tetapi juga yang bersifat sosial, humanis di tengah masyarakat juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kami sebagai anggota militer,” harapnya.

Sementara itu, Yosafat Ohee, salah satu pengungsi di posko SKB Sentani, mengaku sangat berterima kasih kepada pihak TNI AU Silas Papare yang telah melaksanakan pengobatan gratis di posko bencana.

“Pos kesehatan dari pemerintah daerah sudah sebulan tidak beroperasi lagi di posko ini. Sementara masyarakat yang tinggal di pengungsian sebagian sedang dalam kesakitan. Berbagai macam penyakit yang saat ini diderita. Hal ini terdampak dari kondisi bangunan, ruangan, dan banyaknya pengungsi yang tinggal secara bersama-sama dalam satu ruangan. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah daerah agar kondisi ini segera dipulihkan, dan kami minta untuk keluar dari pengungsian secepat mungkin,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top