Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

TNI, Polri, dan pemerintah gelar apel tiga pilar

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – TNI, Polri, dan pemerintah menggelar apel tiga pilar yang melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan kepala kampung, di halaman Kantor Gubernur Papua, di Jalan Soa Siu Dok II Kota Jayapura, Selasa (30/10/2018).

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring, mengatakan apel tiga pilar dilakukan untuk meningkatkan sinergitas antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala kampung di kabupaten/kota se-Papua.

TNI, Polri, dan pemerintah gelar apel tiga pilar 1 i Papua

"Ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan situasi yang aman dan nyaman dalam menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di Papua," kata Pangdam XVII/Cenderawasih, saat apel tiga pilar.

Ia tekankan Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan kepala kampung merupakan ujung tombak dalam mewujudkan situasi yang aman dan nyaman di setiap daerah.

"Jadi apel tiga pilar ini juga sebagai forum menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat pada wilayah masing-masing. Untuk itu, kalian harus bersinergi terutama dalam melakukan deteksi dini segala bentuk ancaman maupun gangguan," ujarnya. 

Pangdam Yosua juga menyarankan agar ke depan kegiatan-kegiatan yang bersifat mencegah seperti siskamling dan wajib lapor bagi pendatang baru juga penting untuk digalakan kembali di masing-masing daerah.

Loading...
;

"Yang terpenting adalah selalu siaga sehingga tepat dan cepat dapat menanggulangi potensi ancaman yang ada," katanya.

Terkait Pileg dan Pilpres 2019, kata ia, TNI-Polri wajib netral, karena ketidaknetralan akan menciptakan suasana tidak aman dan memicu kerusuhan.

"Kenetralan adalah komitmen dan kehormatan, ketika aparat tidak netral maka akan memicu rasa tidak aman pada pelaksanaan pileg dan pilpres 2019 yang akan datang," ujarnya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin, mengaku dirinya bersama Pangdam XVII/Cenderawasih akan bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe guna membahas insentif bagi para Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas di setiap kampung.

"Ini kami lakukan agar ada penambahan insentif untuk menambah kesejahteraan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Ini juga untuk memotivasi saudara sekalian agar lebih bersemangat dalam tugas, berkomunikasi dengan masyarakat," kata Martuani.

Menurut ia, petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan garda terdepan dalam hal keamanan, memelihara ketertiban, melakukan deteksi, dan pencegahan dini terhadap suatu masalah yang terjadi di masyarakat.

Oleh karenanya, sudah sepatutnya diberikan apresiasi atas kinerjanya dengan memberikan insentif diluar dari gaji yang diterima tiap bulannya.

"Selama ini, pemberian insentif bagi aparat keamanan (TNI/Polri) yang bertugas di Papua, tergantung dari kebijakan setiap kepala daerah. Ada beberapa kabupaten yang memang memberikan insentif terutama daerah daerah yang rawan konflik," ujarnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top