TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Tokoh adat Sentani Timur siap sukseskan PON Papua

Papua-tokoh adat Sentani Timur
Penandatanganan surat pernyataan yang diserahkan oleh Ondofolo Heram Asei, Senin (16/8/2021) - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Tokoh masyarakat adat (ondofolo) di sejumlah kampung di Distrik Sentani Timur sepakat akan menyukseskan penyelenggaraan PON XX di Papua, secara khusus pada klaster Kabupaten Jayapura.

Komitmen tersebut dituangkan dalam satu pernyataan sikap sejumlah ondofolo kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang diserahkan langsung oleh Ondofolo Heram Asei, Yansen Ohee, kepada Asisten III Bidang Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura, Timoteus Demetouw, setelah sebelumnya dilakukan rapat bersama dengan pemerintah daerah terkait persoalan hak ulayat yang selama ini masih bermasalah.

Pembacaan surat pernyataan sikap dan penyerahannya dilakukan di Pendopo Adat Heram, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (16/8/2021).

Usai pembacaan sikap, Ondofolo Heram Asei, Yansen Ohee, kepada media mengatakan pihaknya telah siap dan bersepakat untuk mengawal, menjaga, serta mendukung penuh pelaksanaan PON XX di Papua, secara khusus di Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, segala bentuk ancaman dan gangguan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab, diserahkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah melalui pihak keamanan agar ditindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Dengan adanya pernyataan sikap yang kami serahkan kepada pihak pemerintah daerah, kami para ondofolo mendukung penuh PON Papua di atas tanah kami,” ujar Yansen.

Menurutnya, PON XX Papua yang akan berlangsung di Kabupaten Jayapura, sangat berdampak bagi seluruh kehidupan masyarakat di daerah ini. Tidak hanya mereka yang hidup di wilayah perkotaan saja, pemberdayaan masyarakat di setiap Kampung juga turut merasakan dampaknya. Hal ini terlihat dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam mempersiapkan segala sesuatu terhadap penyelenggaraan PON.

“Oleh sebab itu, sebagai pimpinan masyarakat adat, saya mengajak seluruh masyarakat, khususnya Heram dan kampung-kampung di Sentani Timur, untuk memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan PON XX di atas tanah ini. Ada tiga fasilitas olahraga yang megah telah terbangun, dan ini akan menjadi kebanggaan kami sebagai masyarakat di Sentani Timur. Dengan demikian, kami juga berharap agar pemerintah daerah dapat memberdayakan masyarakat kami untuk terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan PON XX, baik sebagai relawan maupun panitia yang tersedia,” papar Yansen.

“Berikut pernyataan sikap kami dari sejumlah ondofolo di Sentani Timur. Pertama, kami menolak segala bentuk aksi dan tindakan pemalangan atas tanah yang dibangun venue PON XX 2021 Papua dan juga mendukung penuh serta menyukseskan pelaksanaan PON. Kedua, minta kepada Bapak Presiden RI, Joko Widodo, mengenakan pakaian jabatan Kepala Suku Besar Sentani saat membuka PON XX 2021 di Papua. Ketiga, kirab api PON XX dilakukan dalam bentuk budaya Sentani dengan melewati Danau Sentani. Keempat, kami minta dengan hormat agar pemerintah memberi solusi dalam masalah hak ulayat yang belum terselesaikan sebelum pelaksanaan PON XX 2021 yang berlangsung di Provinsi Papua,”.

Baca juga: PON Papua buka peluang ekonomi bagi masyarakat lokal

Di tempat yang sama, Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, Timoteus Demetouw, usai menerima surat pernyataan tersebut mengatakan Pemerintah Kabupaten Jayapura mengapresiasi seluruh bentuk dukungan yang disampaikan oleh para ondofolo dari Kampung Asei, Ayapo, Nendali, dan Kheleblouw. Selanjutnya, pernyataan sikap ini akan diteruskan kepada pimpinan daerah sebagai pengambil kebijakan dan selaku Sekretaris Umum Sub PB PON Kabupaten Jayapura. Hal ini juga akan dikoordinasikan dengan PB PON Papua.

“Dengan komitmen di dalam surat pernyataan yang disampaikan, maka pelaksanaan PON di Kabupaten Jayapura diharapkan berjalan dengan aman dan lancar hingga selesai. Hal ini juga menjadi informasi penting bagi para duta olahraga, ofisial, dan peserta yang akan datang ke sini,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us