Follow our news chanel

Tokoh agama diminta suarakan kedamaian di Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wamena, Jubi – Kepala Kantor Wilayah Kementarian Agama Provinsi Papua, Amsal Yowei meminta seluruh tokoh agama di Papua khususnya di wilayah pegunungan tengah Papua, untuk terus menyuarakan kedamaian.

Ini menyusul semakin maraknya terjadi konflik antar warga hingga menimbulkan korban jiwa serta kerugian materil yang cukup besar. Yang terbaru adalah konflik yang terjadi di beberapa kabupaten seperti Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara dan beberapa daerah lain.

“Kami berharap kepada semua tokoh agama untuk menyuarakan perdamaian melalui pertemuan-pertemuan. Agar masyarakat semakin sadar tentang indahnya keberagaman dan hidup rukun antar sesama serta saling menghormati antar umat beragama,” kata Yowei kepada wartawan di Wamena, Selasa (16/10/2018).

Menurutnya, melalui pertemuan-pertemuan dengan sejumlah tokoh, Kemenag juga mendorong tokoh-tokoh agama sebagai perpanjangan tangan pemerintah agar bertemu dan memberikan pencerahan sehingga bisa menghasilkan solusi yang baik bagi semua pihak.

Di sisi lain, Ketua Dewan Adat Papua wilayah Lapago, Dominikus Surabut meminta kepada masyarakat Papua agar menyadari bahwa setiap konflik yang terjadi, hanya membuat orang Papua menjadi korban.

“Kita harus sadar diri bahwa ini konflik antara orang Papua dengan orang Papua. Yang jadi korban adalah orang Papua, rugi orang Papua, yang hancur adalah orang Papua sehingga orang Papua harus mulai tahu diri, siapa sebenarnya saya, siapa sebenarnya kami,” tegas Surabut.

Loading...
;

Ia menyerukan bahwa setiap kepala suku, intelektual, tokoh pemuda, hamba Tuhan, harus saling mengingatkan, bahwa konflik merupakan awal dari kehancuran bangsa Papua, sehingga ini menjadi PR bersama agar tak ada yang terpecah belah.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top