HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tolak Tiongkok, dukungan Nauru untuk Taiwan menguat

Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen bertemu Baron Waqa. - RNZI/Twitter/ @MOFA_Taiwan
Tolak Tiongkok, dukungan Nauru untuk Taiwan menguat 1 i Papua
Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen bertemu Baron Waqa. – RNZI/Twitter/ @MOFA_Taiwan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Yaren, Jubi – Parlemen Nasional Nauru meresmikan sebuah keputusan Senin lalu, menolak kebijakan ‘satu Tiongkok’ Beijing dan kerangka kerjanya, ‘satu negara, dua sistem’, selama kunjungan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, ke negara itu.

Presiden Nauru, Baron Divavesi Waqa, membaca resolusi itu, dan menyatakan para anggota parlemen menolak prinsip ‘satu Tiongkok’ dan ‘satu negara, dua sistem’, dan mengakui Taiwan sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.

Tolak Tiongkok, dukungan Nauru untuk Taiwan menguat 2 i Papua

Waqa adalah kepala negara pertama yang secara terbuka menyatakan perlawanannya, terhadap kerangka kerja ‘satu negara, dua sistem’ Tiongkok di tingkat parlement nasional.

Presiden Tsai mendarat di Nauru, dari Palau, pada Minggu lalu (24/3/2019), untuk meneruskan kunjungan delapan-harinya ke tiga negara sekutu diplomatik Taiwan di Pasifik, termasuk Kepulauan Marshall.

Senin, di kompleks gedung pemerintah Nauru, Tsai disambut dengan penuh kehangatan, termasuk dengan tarian tradisional oleh pelajar di Nauru dan parade. Dalam upacara penyambutan itu, Waqa menekankan Taiwan dan Nauru memegang nilai-nilai yang sama, kebebasan dan demokrasi, dan ia berterima kasih kepada Taiwan atas bantuan dan dukungannya.

Waga juga menegaskan pemerintah Nauru akan berupaya sebaik mungkin, untuk mendukung partisipasi internasional Taiwan dalam berbagai konferensi internasional, dan untuk bekerja sama dengan Taiwan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan.

Loading...
;

Menyimpulkan pidatonya, Waqa mengungkapkan harapannya agar kedua negara, dapat memperdalam kerja sama bilateral mereka dan mempererat hubungan persahabatan antara mereka.

Saat gilirannya tiba, Président Tsai berkata, sebelum keberangkatannya ke Nauru dia sudah menonton video Waqa yang berpidato dalam persiapan untuk menyambut kedatangannya, dan dia bisa merasakan kasih sayang Nauru untuk Taiwan. Presiden Waqa adalah ‘teman yang sangat baik’ untuk Taiwan, tutur Tsai, yang menerima hadiah kalung dan satu set prangko peringatan dalam upacara tersebut.

Sementara itu, Presiden Tsai menganugerahkan penghargaan Order of Brilliant Jade kepada Presiden Waqa, untuk mengakui dan menunjukkan penghargaan Taiwan atas kontribusinya dalam mendorong dan menjaga persahabatan dan kerja sama antara kedua negara mereka. (PINA)


Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.