HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tonga salah satu negara bebas Covid-19

Daerah CBD Nuku’alofa kosong. – Matangi Tonga

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Tonga adalah salah satu dari 18 negara di dunia yang bebas Covid-19 sampai Minggu ini, 5 April.

Dari 18 negara bebas yang ada di daftar tersebut, 10 di antaranya berada di kawasan Pasifik, yang kini merupakan kawasan dimana sebagian besar negaranya bebas Covid-19.

Sepuluh negara di Pasifik ini termasuk Tonga, Nauru, Tuvalu, Palau, Kepulauan Marshall, Republik Mikronesia, Kiribati, Samoa, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu. Wilayah lainnya di kawasan Pasifik, seperti Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Wallis & Futuna, Niue, dan Tokelau, juga tidak melaporkan keberadaan virus corona hingga saat ini.

Namun, COVID-19 telah dikonfirmasikan di beberapa negara dan wilayah Pulau Pasifik, yaitu Polinesia Prancis (Wilayah seberang laut Prancis) – 40 kasus positif, Guam (Wilayah Amerika Serikat) – 93 kasus positif, Kaledonia Baru (Wilayah seberang laut Prancis) – 18 kasus positif, Kepulauan Mariana Utara (Wilayah Amerika Serikat) – 6 kasus positif, Fiji – 12 kasus positif, Papua Nugini – 1 kasus positif.

Upaya-upaya preventif diberlakukan

Tonga telah berupaya keras untuk memastikan virus itu tidak masuk ke bangsa ini. Tonga memperkenalkan pembatasan atas pengunjung sejak bulan lalu, setelah Covid-19 menyebar ke negara-negara tetangganya di Pasifik.

Loading...
;

Kerajaan itu telah secara resmi menutup perbatasan masuknya dari semua penerbangan komersial, kapal pesiar, dan yacht dan telah memperpanjang karantina wilayahnya, yang dimulai pada 29 Maret hingga Minggu, 12 April.

Larangan jam malam juga diberlakukan, dari pukul 8 malam sampai 6 pagi. Orang-orang hanya bisa meninggalkan kediaman mereka untuk membeli sembako, pergi ke rumah sakit, apotek, dan bank. Layanan esensial juga masih beroperasi.

Menurut pangkalan data Johns Hopkins University Jumat (3/4/2020) lalu, Covid-19 telah dikonfirmasikan di 181 negara dan wilayah, dengan lebih dari 1 juta kasus terdeteksi, dan lebih dari 53.000 kematian.

Baca juga  Delapan napi kabur saat badai Cook

Jumlah orang yang sekarang terinfeksi COVID-19 di seluruh dunia diasumsikan lebih tinggi dari 1 juta, termasuk yang masih belum dikonfirmasikan oleh pemeriksaan lab dan menunjukkan gejala-gejalanya.

Jumlah kematian di Pasifik capai lima

Menurut RNZ Pacific, secara total, empat orang telah meninggal akibat Covid-19 di Guam, dua di antaranya dikonfirmasikan akhir pekan ini. Gubernur Kepulauan Mariana Utara, Ralph Torres, pada Senin pekan lalu, juga telah mengkonfirmasikan bahwa kematian seorang lelaki berusia 70 tahun di fasilitas karantina adalah karena virus corona. (Matangi Tonga)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa