Follow our news chanel

Tonga wajibkan semua kargo internasional dikarantina tiga hari

Kontainer kargo di Dermaga Queen Sālote. - Kaniva Tonga/ Kalino Lātū

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nukuʻalofa , Jubi – Keputusan Pemerintah Tonga, di bawah pimpinan Perdana Menteri Pohiva Tu’i’onetoa, untuk mengarantinakan semua kargo internasional yang tiba di negara kerajaan itu telah memicu kritik dari warga Tonga melalui media sosial. Pembatasan itu diberlakukan mendadak sejak 16 November kemarin.

“Karantina selama 3 Hari untuk kargo internasional yang sampai di Dermaga Internasional Queen Sālote dan Dermaga Internasional Halaevalu,” kata siaran pers Kementerian Infrastruktur Tonga.

Menurut isi siaran pers itu, semua kargo internasional yang tiba di Tongatapu dan Vava’u “harus dikarantina selama tiga hari sebelum bisa diteruskan.” Karena tidak ada informasi lebih lanjut dari pemerintah untuk menjelaskan mengapa keputusan itu diambil, orang-orang Tonga pun menggunakan Facebook untuk mengungkapkan kekhawatiran mereka.

Masyarakat yang mengkritik keputusan tersebut berkata mereka prihatin akan keselamatan dan keamanan barang-barang mereka yang dikirimkan kepada keluarga mereka sementara barang-barang itu dikarantina di dermaga selama tiga hari ini.

“Kenapa baru sekarang?” tanya seorang komentator lainnya, menyinyalir bahwa pemerintah Tonga seharusnya sudah melakukannya larangan ini sebelum dan saat Selandia Baru menerapkan karantina wilayah.

Beberapa orang yakin pemerintah telah mengambil keputusan itu setelah Tiongkok mengklaim, Senin ini (16/11/2020), bahwa mereka menemukan virus penyebab Covid-19 pada produk makanan yang diimpor dari Selandia Baru.

Loading...
;

Perdana Menteri Jacinda Ardern telah membantah klaim tersebut.

Menurut para ahli, virus itu dapat bertahan hidup di lingkungan berpendingin dan dapat hidup di permukaan di luar tubuh manusia untuk beberapa waktu.

Pada Juli lalu, Tiongkok juga mengklaim telah menemukan virus Corona di kemasan produk udang beku yang diekspor dari Ekuador, serta dinding kontainer yang menampung makanan-makanan itu. Namun, tes selanjutnya menemukan bahwa makanan di dalam kemasan itu bebas virus Corona. (Kaniva Tonga)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top