Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Tower SUTT PLTU Genyem roboh diterjang pohon

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Tower saluran udara tegangan tinggi (SUTT) kabel listrik 70 KV di kampung Rempang Muaib, distrik Nimbokrang, kabupaten Jayapura, Senin (16/10/2017), roboh diterjang pohon yang ditebang warga setempat untuk membuka lahan pertanian. Akibatnya, jalur distribusi listrik sebesar 20 MW dari PLTA Genyem tak berfungsi.

Kepala Manajer Teknik PLN WP2B, Usman Bangun, mengakui perisiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIT. Hal ini mengakibatkan daya supply listrik ke kota Jayapura menjadi defisit 20 MW. Namun karena pembangkit PLTU Holtekam masih berfungsi normal, secara umum tidak terjadi defisit supply daya.

Tower SUTT PLTU Genyem roboh diterjang pohon 1 i Papua

“Untuk perbaikan, masa recovery atau mengganti kerusakan membutuhkan waktu antara 2-3 minggu. Sebab alatnya belum ada karena harus dikirim dari Jawa,” katanya, kepada Jubi, seusai meninjau lokasi robohnya SUTT di Nimbokrang, Selasa (17/10/2017).

Usman Bangun mengimbau  masyarakat sekitar untuk selalu berkoordinasi dengan pihak PLN jika akan melakukan penebangan pohon di sekitar SUTT. 

“Ada istilah RW, dimana 10 meter di kanan kiri jaringan SUTT harus bersih dari pohon, sehingga jaringan listrik tidak terganggu,” ujarnya.

Ia berjanji akan berusaha secepatnya penyelesaian perbaikan tower yang ambruk tersebut. 

Loading...
;

Ditanya mengenai kerugian secara materiil, Usman mengatakan PLN kehilangan pendapatan sebesar Rp 10 miliar per hari.

Diso, warga setempat, mengaku memaklumi jika robohnya tower SUTT tersebut akibat tertimpa pohon tumbang. Ia berharap perbaikan tower tersebut lebih cepat sebab masyarakat membutuhkan listrik.

”Saya minta PLN cepat mengatasi dengan adanya force majeur ini,” katanya. (*)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top