Follow our news chanel

Previous
Next

TPA Waibron akan mulai difungsikan saat PON 2020

Ilustrasi, sampah di tempat wisata Tungkuwiri - Jubi/Yance Wenda
TPA Waibron akan mulai difungsikan saat PON 2020 1 i Papua
Ilustrasi, sampah di tempat wisata Tungkuwiri – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabid Kebersihan Kabupaten Jayapura, Saverius Manangsang, mengatakan sampai saat ini tempat pembuangan akhir (TPA) di Kabupaten Jayapura masih menggunakan TPA di Doyo Lama. TPA di Waibron baru akan difungsikan bersamaan dengan pelaksanaan PON XX/2020.

“Sementara ini masih di Doyo Lama. TPA Waibron sudah selesai tapati Dinas PU Provinsi (Papua) masih akan membuka akses jalan menuju TPA ke sana. TPA Waibron akan mulai difungsikan jika sudah memasuki pelaksanaan PON XX/2020,” jelas Saverius Manansang, kepada Jubi, Selasa (5/11/2019).

Saverius menjelaskan jika TPA Waibron sudah bisa digunakan nanti TPA yang lama akan ditata ulang.

“Nanti TPA di Doyo Lama akan kita bikin jadi tempat pemilahan sampah perkotaan. Semua sampah masuk di TPA Doyo Lama dulu, baru dipilah, plastik sendiri, karton sendiri, dan yang sudah tidak terpakai itu yang dibuang di TPA Waibron,” jelasnya.

Terpisah, seorang petugas kebersihan yang bertugas di TPA Doyo Lama, Herman, mengatakan tumpukkan sampah di TPA tersebut sudah berton-ton dan untuk saat ini masih tetap difungsikan. Hanya saja, kesadaran pihak-pihak yang membuang sampah di tempat tersebut belum baik.

“Kalau truk-truk atau kendaraan dari luar ini yang buang sembarang, kalau mereka buang teratur itu baik, yang datang semua hanya mau hambur di depan jalan, jadi susah juga, kalau kami tidak ada mereka tumpah depan jalan,” ungkapnya.

Loading...
;

Menurutnya, jika pembuangan sampah dipindahkan ke TPA Waibron, itu sangat baik karena akan dapat mengatasi penumpukan sampah di TPA Doyo Lama.

“Kalau tempat baru sudah berfungsi saya tetap di sini. Kalau mau ke sana terlalu jauh bagi saya,” kata Herman. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top