HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

TPS ini tidak akomodir pasien di RS Nabire

TPS ini tidak akomodir pasien di RS Nabire 1 i Papua
TPS 22 kelurahan Siriwini yang berlokasi di areal RSUD Nabire – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS), TPS 22 berada di areal RSUD Nabire tidak mengakomodir pasien yang sedang di rawat pada RS tersebut. Dari Pemilu ke Pemilu, pasien di rumah sakit itu tidak bisa memberikan hak suaranya di pesta demokrasi.

Ketua KPPS 22, Jhon Dimara mengatakan pihaknya tidak bisa mengakomodir pasien yang sedang dirawat, walaupun TPSnya berada di areal RS. Hal ini bukan baru pada Pemilu tahun 2019, namun sejak dulu pun demikian.

“Ini sudah dari dulu, sebab kami utamakan warga atau petugas yang berdomisili di sini,” ujarnya untuk Jubi di Nabire. Selasa (16/04/2019).

TPS ini tidak akomodir pasien di RS Nabire 2 i Papua

Sebab lainnya, DPT di TPS tersebut tercatat sebanyak 208, sementara undangan (Blangko C5) yang diterima hanya 204 undangan.

“Kemudian, pasien ini pasti tersebar dan terdaftar sesuai alamatnya. Belum lagi kalau kita akomodir, ini repot sebab bukan hanya pasien tapi tentunya ada juga keluarga yang menjaga pasiennya,” terangnya.

Salah seorang pejabat di RSUD Nabire yang enggan namanya disebutkan mengatakan, dari Pemilu ke Pemilu, belum pernah ada pertemuan dari penyelenggara terutama KPU atau Bawaslu Nabire dalam mengakomodir pasien yang sedang dirawat.

“Pemilu ke Pemilu selalu begini. Jadi kalau mereka mau datang ke pasien di RS tidak ada yang larang. Kalau memang pasien yang tidak bisa keluar mencoblos silahkan saja atau TPS Keliling kami tidak larang,” terangnya.

Loading...
;

Terpisah, Anggota Panwas Nabire divisi SDM, Adriana Sahempa menjelaskan pihaknya belum mengetahui pasti apakah ada TPS khusus atau keliling bagi para pasien. Pihaknya hanya tau bahwa ada TPS di lingkungan RSUD Nabire bagi perawat dan dokter yang berdomisili di lingkungan tersebut.

“Tapi Bukan untuk pasien yang dirawat di sana karena kalau untuk pasien berarti harus ada juga untuk keluarganya yang menjaga,” jelasnya.

Sementara, Ketua KPU Nabire, Wellem Degei saat dikonfirmasi Jubi mengatakan bahwa di RS hanya ada satu TPS.”TPS 22” katanya.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa