Trump pilih absen saat Presiden Xi Jinping jadi pembicara di KTT RCEP

Ilustrasi Donald Trump, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi Presiden Amerika Serikat Donald Trump memilih absen saat Presiden Cina Xi Jinping akan menjadi salah satu pembicara di KTT RCEP yang digelar virtual pada Kamis, {19/11/2020). Ketidak hadiran Presiden Trump di KTT RCEP diduga menyusul kekalahannya dalam Pemilu presiden AS.

Amerika Serikat masih belum menunjuk nama delegasi yang akan hadir di KTT RCEP ini. Namun Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Stephen Biegun tampak menghadiri sebuah pertemuan APEC tingkat menteri pada Senin, (16/11/2020).

RCEP atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) sebuah kerja sama bidang ekonomi. Pada akhir pekan lalu, sudah 15 negara menandatangani kerjasama RCEP dan mendapat dukungan Cina.

Baca juga : Mendadak tinggalkan wawancara CBS News, Trump : pertanyaan yang sulit 

Ini yang dilakukan presiden Xi Jinping saat kunjungi pusat perjudian Makau

Pengamat sebut China diuntungkan jika Trump kembali jadi presiden

Loading...
;

Tercatat ada puluhan anggota APEC yang sudah mengajukan diri menjadi anggota RCEP. Malaysia akan menjadi tuan rumah KTT RCEP pada Kamis, (19/11/2020) hari ini. Menteri Perdagangan Malaysia, Azmin Ali mengakui ada silang pendapat diantara anggota terkait level ambisi dalam mengejar visi APEC dan pendekatan perdagangan multilateral serta integrasi ekonomi.

Sebuah pernyataan bersama para menteri negara anggota APEC pada Senin, 16 November 2020 menyoroti perlunya menegakkan praktik perdagangan yang adil dan non-diskriminasi demi mendorong pemulihan ekonomi dari pandemi virus corona, selain menerapkan reformasi struktural untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkesinambungan. (*)

Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top