Follow our news chanel

Previous
Next

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Data terkini penanggulangan Covid-19 di Kota Jayapura, Papua, Minggu (4/10/2020) - Gustu Covid-19 Kota Jayapura.

Tudingan komersialisasi Covid-19 runtuhkan kepercayaan publik

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, JubiPerhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia atau Persi tetap berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Mereka senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pasien Covid-19 maupun pasien umum.

Anggota Persi dengan kesadaran tinggi mengemban tanggung jawab itu walaupun risiko kesehatan maupun nonkesehatan terhadap mereka sangat besar. Anggota Persi juga senantiasa memegang teguh ketentuan pemerintah, termasuk pada manajemen klinis, dan tata laksana penanganan jenazah pasien Covid-19 maupun pengajuan klaim pembiayaan.

Pernyataan Persi tersebut menanggapi tudingan komersialisasi yang kembali mencuat dalam pekan ini. Menurut mereka, tudingan itu telah menggiring opini publik bahwa rumah sakit seakan curang.

Pernyataan yang tidak terbukti kebenarannya (telah) membangun persepsi keliru, seolah-olah rumah sakit berperilaku tidak sesuai ketentuan atau curang. Persepsi itu menimbulkan misinformasi dan disinformasi yang merugikan pelayanan rumah sakit dalam menangani pandemi Covid-19,” kata Ketua Umum Persi Kuntjoro Adi Purjanto dalam keterangan tertulis yang diterima Jubi, Minggu (4/10/2020).

Kuntjoro menegaskan klaim pembiayaan terhadap pelayanan pasien Covid-19 harus disertai penilaian klinis, resume medis, pemeriksaan laboratorium, dan data pendukung lain. Karena itu, rumah sakit yang tidak memberi pelayanan sesuai ketentuan tersebut dipastikan tidak mendapat penggantian biaya dari pemerintah.

 Pengajuan klaim kepada Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan setempat tersebut, menurutnya juga selalu diverifikasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Pengawasannya pun melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Opini meng-Covid-kan pasien menimbulkan stigma dan menurunkan kepercayaan publik terhadap rumah sakit serta meruntuhkan semangat para tenaga kesehatan. Jika (tudingan tersebut) benar dan terbukti secara sah, Persi mendukung pemberian sanksi terhadap petugas dan rumah sakit yang melakukan kecurangan tersebut,” tegas Kuntjoro.

Loading...
;

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura melaporkan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kembali melonjak di wilayah mereka. Terdata ada tambahan sebanyak 36 pasien pada hari ini.

Secara kumulatif, terdapat 3.363 pasien Covid-19 di Kota Jayapura selama masa pandemi. Sebanyak 2.074 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 1.233 lainnya masih dirawat di rumah sakit setempat. Covid-19 juga telah merenggut 56 korban jiwa di Kota Jayapura. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Scroll to Top