Tujuh kabupaten tak ikut Raimuna Daerah Papua V

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Tujuh kabupaten tidak mengirimkan kontingannya mengikuti Raimuna Daerah Papua V di Bumi Perkemahan Tamne Yiasan Kefase, Distrik Arso Swakarsa, Kabupaten Keerom, 9-15 November 2016.

Ketua Panitia Raimuna Daerah Papua V Carolus Bolly mengatakan, ketujuh itu kabupaten itu tidak ikut karena Kwartir Cabang Gerakan Pramuka mereka belum terbentuk.

“Jadi dari 28 dan satu kota di Papua, hanya 22 Kwarcab yang mengikuti Raimuna Daerah,” katanya usai pembukaan Raimuna V, Rabu (9/11/2016).

Ketujuh kabupaten adalah Kabupaten Yalimo, Tolikara, Lanny Jaya, Intan Jaya, Nduga, Mappi, Deyai, dan Puncak Jaya.

“Tapi dari tiga kabupaten, yaitu Mappi, Deyai, dan Puncak Jaya hadir mewakili pengurus pramuka kabupaten sebagai peninjau,” katanya.

Sedikitnya 450 peserta pramuka penegak dan pandega ikut sebagai peserta raimuna. Masing-masing kwarcab mengirimkan satu regu putra dan satu regu putri bersama Pembina pendamping.

Loading...
;

Di arena Raimuna yang berlangsung sekali lima tahun itu, para peserta mengikuti sejumlah kegiatan, termasuk perlombaan.

“Raimuna Daerah ini juga sekaligus menyeleksi peserta Raimuna Nasional yang akan berlangsung di Cibubur, Jakarta tahun depan,” katanya.

Menurut Carolus tidak semua provinsi di Indonesia sudah melaksanakan Raimuna Daerah sehingga Kwartir Nasional memberikan apresiasi yang cukup besar kepada Papua.

Chairul, seorang peserta mengaku sangat bangga bisa ikut Raimuna Daerah.

“Ini menjadi keinginan semua pramuka tingkat Penegak dan Pendega untuk bisa menjadi peserta Raimuna, karena dengan mengikuti Raimuna Daerah kita bisa mengenal teman-teman dari daerah lain, selain itu banyak ilmu yang bisa saya dapatkan dalam kegiatan ini,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top