HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tujuh kali Jacksen F Tiago berulang tahun bersama klub Persipura

Jakcsen F Tiago bersama sulungnya Matheus HC Tiago dan Ayub HC Tiago di Stadion Mandala, Papua -Jubi/dam
Tujuh kali Jacksen F Tiago berulang tahun bersama klub Persipura 1 i Papua
Jakcsen F Tiago bersama sulungnya Matheus HC Tiago dan Ayub HC Tiago di Stadion Mandala, Papua -Jubi/dam.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pelatih Persipura Jacksen F Tiago sudah bersama Boaz dan kawan-kawan di klub tersebut sedikitnya tujuh tahun lamanya.

Setiap Jacksen F Tiago berulang tahun,  rumah Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano selalu menjadi tempat perayaan, tetapi ulang tahun ke 51 pada 28 Mei 2020 coach berada di Surabaya karena Pandemi Covid 19.

Tujuh kali Jacksen F Tiago berulang tahun bersama klub Persipura 2 i Papua

“Iya kalau ditambah dengan sekarang dan setengah tahun lalu sudah pas tujuh tahun,” kata Jacksen F Tiago belum lama ini kepada Jubi di Lapangan PLTD Waena usai menyeleksi pemain-pemain muda Persipura.

Memang benar kata Jacksen F Tiago, karena sejak Selasa (21/10/2014) saat Persipura melawan Arema Cronus  di Stadion Mandala namanya sudah tak ada dalam susunan line-up sebagai pelatih. Jadi sudah enam tahun Jacksen F Tiago menukangi Mutiara Hitam pada tahun 2008-2014.

Tujuh kali Jacksen F Tiago berulang tahun bersama klub Persipura 3 i Papua
Jacksen dan anaknya Hugo Samir Tiago dan Diego Samir Tiago di Surbaya-Jubi/Facebook Jacksen F Tiago.

Barulah pada Jumat (12/7/2019) pelatih kelahiran Rio de Jeneiro 28 Mei 1968 kembali dikontrak pihak manejemen Persipura untuk memimpin sesi latihan Boaz T Solossa dan kawan-kawan. Pelatih asal Brasil yang kembali menukangi tim Mutiara Hitam yang terseok-seok dan nyaris masuk jurang degradasi.

“Kami harapkan dengan keterpurukan kita di zona degradasi dan kehadiran Jacksen ini bisa mengubah tim ini kembali ke peringkat tengah atau di papan atas karena dia sudah banyak mengetahui karakter masing-masing pemain Persipura,” kata Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano kala itu.

Memang benar harapan Ketua Umum Persipura berhasil ditepati Jacksen F Tiago dan skuad Mutiara Hitam hingga menempati posisi ketiga usai Liga1 musim 2019 berakhir.

Memasuki tahun ke tujuh Jacksen F Tiago membesut Persipura musim 2020-2021, kompetisi terhenti karena Pandemi Covid 19 dan semua pertandingan di seluruh dunia terhenti termasuk di Indonesia.

Mantan striker dan gelandang Persipura era 1980 an David Mayor menilai bergabungnya Jacksen F Tiago karena karakter pemain Brasil mirip dengan orang Papua.

“Tak sulit bagi Jacksen untuk membesut Mutiara Hitam sebagai tim yang sudah jadi,” kata David Mayor kala itu.

Hal senada juga dikatakan mantan pelatih Persipura M Rahmad Darmawan bahwa aura Mutiara Hitam kembali pasca ditangani coach Jacksen F Tiago. Pasalnya klub kebanggaan masyarakat Papua saat itu menjalani star buruk dengan tujuh laga awal yang gagal menang.

 Pelatih Jacksen F Tiago sendiri saat Persipura merayakan ulang tahun ke 55 berharap semoga Boaz dan kawan-kawan kembali merasakan atmosfir pertandingan di level Asia seperti yang pernah dialami Mutiara Hitam hingga lolos ke babak semi final AFC.

Tak heran kalau keberhasilan Jacksen F Tiago sebagai pelatih mendapat penilaian dari Bolasport.com sebagai pelatih dalam 2010-2020 terbaik di sepak bola di Indonesia. Selamat dan sukses pelatih Jacksen serta selamat ulang tahun ke 51 bersama Mutiara Hitam.(*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top