Tujuh kampung di Distrik Waibhu terima ADK

Bupati Jayapura saat menyerahkan ADK kepada salah satu kepala kampung di Distrik Waibhu. -Jubi/Engel Wally
Tujuh kampung di Distrik Waibhu terima ADK 1 i Papua
Bupati Jayapura saat menyerahkan ADK kepada salah satu kepala kampung di Distrik Waibhu. -Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Upaya Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam menangani penyebaran virus corona, terus dilakukan di permukiman yang tersebar di 19 distrik dan 139 kampung serta 5 kelurahan.

Selain distribusi sembako, pemerintah juga memberikan bantuan anggaran melalui Alokasi Dana Kampung (ADK) sebesar 100 juta rupiah, bagi tujuh kampung yang tersebar di Distrik Waibhu (Doyo Baru, Doyo Lama, Kwadewar, Dondai, Sosiri, Kanda, dan Yakonde), pada Jumat (8/5/2020).

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menjelaskan bantuan dana melalui ADK hendaknya dipergunakan dengan sebaik mungkin, dalam masa penanganan Covid-19 di kampung masing-masing.

“Kita sudah imbau masyarakat untuk kembali mengolah sumber daya alamnya, dana ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat dalam pengembangan sumber daya alam siap diolah, seperti penyediaan bibit, serta fasilitas penunjang lainnya,” jelas bupati, di Sentani, Minggu (10/5/2020)

Menurutnya, komoditi unggulan Kabupaten Jayapura adalah kakao, sagu, ikan, dan sayur-mayur, maka dengan adanya ADK bisa menjadi bekal masyarakat untuk bertahan di kampung.

“Sudah kami perintahkan kepada instansi terkait agar mendukung masyarakat dengan menyiapkan fasilitas penunjang, seperti bibit tanaman yang dibutuhkan termasuk di bidang perikanan dan peternakan,” ujarnya.

Loading...
;

Bupati berharap ADK dapat dimanfaatkan berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang telah diberikan oleh pemerintah daerah, melalui Dinas Pembedayaan Kampung.

“Kepala kampung jangan bikin juknis sendiri lagi, ajak masyarakat untuk memanfaatkan alokasi dana yang tersedia, untuk pengembangan dan pemanfaatkan sumber daya serta kearifan lokal di masing-masing kampung,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Waibhu, Dominggus Kaway, mengatakan sejak jauh-jauh hari telah disosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

“Potensi alam khususnya pertanian di Kampung Toware ada dua lokasi yang digarap sejumlah kelompok tani, selain itu ada kelompok nelayan di Kampung Yakonde, Kanda dan Sosiri, jadi dengan adanya bantuan dana kampung, diharapkan masing-masing kelompok dapat memanfaatkannya dengan baik,” sampainya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top