Follow our news chanel

Tumpukan sampah mengotori laut, Kampung Nelayan Hamadi kena imbas

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Tumpukan sampah terlihat mencemari laut di Kampung Nelayan Hamadi. Pemandangan tak elok ini tampak hampir di semua titik pantai. 

Salah seorang pengunjung yang berekreasi di jembatan Kampung Nelayan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Minggu pagi (27/1/19) Musa Usior, sangat menyayangkan, adanya sampah-sampah yang mengotori laut. Menurutnya sampah-sampah itu menganggu pemandangan dan keindahan objek wisata.

"Kita tidak bisa salahkan pemerintah karena Kota Jayapura ini luas, maka kesadaran masyarakat sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," kata Usior.

Menurutnya, perlu kesadaran dari warga dan pengunjung untuk bersama menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah. Menurutnya pemerintah sudah melaksanakan tugas dengan baik salah satunya memasang banyak fasilitas pembuangan sampah. Sayangnya, kesadaran masyarakat masih kurang. 

"Bukan pemerintah yang suruh buang sampah dilaut. Masyarakat harus sadar, tidak boleh membuang sampah sembarangan, kan ada lurah, RT/RW yang bisa memberikan sosialisasi," jelasnya.

Warga lainnya, Evelin Klai mengatakan, sangat kurang nyaman bila melihat sampah seperti botol plastik, kantong plastik, kayu dan sampah rumah tangga di laut karena selain merusak pemandangan juga bisa berdampak pada ekosistem laut.

Loading...
;

"Masa kotanya bagus, baru lautnya jelek dipenuhi sampah. Anak-anak yang mandi bisa jadi sakit. Kalau lautnya bersih jadi indah kalau dilihat. Pantai Hamadi ini merupakan salah satu objek wisata di Kota Jayapura, sangat penting untuk menjaga kebersihannya," jelasnya.

Warga yang bermukim di kampung nelayan Hamadi, Jumadi mengaku, tidak mengetahui dari mana datangnya sampah yang terapung di sekitar rumahnya.

"Saya menyediakan kantong plastik, kalau ada sampah saya isi di plastik baru dibuang di bak sampah," jelasnya.

Sementara, Kepala Seksi Penanganan Pengurangan Sampah dan Limbah P3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Frengky Nelson Numbery mengatakan, kesadaran masyarakat memang masih rendah soal kebersihan dan tak membuang sampah sembarangan.

"Kami sudah berupaya untuk menangani pengolahan sampah. Dimulai dari sumbernya di rumah tangga, membentuk bank sampah TPS 3R, hingga pengangkutan ke TPS, yang sudah dilakukan secara maksimal," ungkapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top