Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Tuntut pembatasan orang kunjungi Papua, mahasiswa dan warga datangi Bandara Sentani

Pengelola Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura berdialog dengan para mahasiswa dan warga yang menuntut pembatasan orang dari luar Papua berkunjung ke Papua. - Jubi/Yance Wenda
Tuntut pembatasan orang kunjungi Papua, mahasiswa dan warga datangi Bandara Sentani 1 i Papua
Pengelola Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura berdialog dengan para mahasiswa dan warga yang menuntut pembatasan orang dari luar Papua berkunjung ke Papua. – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sekitar 50 mahasiswa dan warga yang menyebut diri Pemuda Peduli Rakyat mendatangani Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (16/3/2020). Mereka ingin berunjurasa di bandara untuk menuntut kejelasan pembatasan orang dari luar Papua berkunjung ke Papua, demi mencegah penularan virus Corona. Mereka akhirnya batal berunjukrasa, lantaran diterima berdialog dengan pengelola bandara.

Para mahasiswa dan warga yang berasal dari berbagai daerah seperti Lanny Jaya, Yahukimo, dan Puncak mendatangi Bandara Sentani, Senin. Mereka datang dengan dengan membawa spanduk dan poster, karena ingin berunjukrasa menuntut kejelasan kebijakan pembatasan orang dari luar Papua berkunjung ke Papua.

Tuntut pembatasan orang kunjungi Papua, mahasiswa dan warga datangi Bandara Sentani 2 i Papua

Akan tetapi, unjukrasa itu urung dilakukan, karena pengelola Bandara Sentani mengajak mereka berdialog di aula kantor bandara. Iron Wanimbo selaku koordinator unjuk rasa itu akhirnya menanyakan kesiapan pengelola Bandara Internasional Sentani mencegah virus Corona mewabah di Papua.

Wanimbo meminta pengelola Bandara Sentani memperketat pengawasan penumpang yang turun di sana. “Kita datang ke bandara ini karena kami peduli kepada semua orang yang ada di Papua. Kami datang dan berdiskusi, untuk tahu langkah apa saja yang di lakukan bandara ini dalam mengatasi masuknya virus Corona,” ujar Wanimbo dalam dialog Senin.

Wanimbo menyatakan dampak pandemi Corona telah terjadi di banyak negara, dan menimbulkan kepanikan. “Virus Corona ini  tidak memandang anak kecil, orang besar, orang Papua, orang pantai, orang Jawa. Virus ini akan kena ke kami semua jika [pengawasan] di bandara ini tidak lakukan dengan baik,” kata Wanimbo.

Wanimbo meminta pengelola Bandara Sentani melarang penumpang dari luar Papua untuk berkunjung ke Papua dan keluar dari lingkungan bandara. Mereka bahkan meminta agar warga Papua yang terlanjur berada di luar Papua untuk sementara waktu tidak diizinkan pulang ke Papua.

Loading...
;

“Kami berharap Corona ini tidak ada di Papua. Kalau ada yang sudah terinfeksi virus Corona, jangan lagi dibawa ke rumah sakit. [Rumah sakit seperti RSUD] Dok II harus punya ruang isolasi dulu. Jika ada orang dari luar terinfeksi Corona, langsung dipulangkan ke asalnya. Kalau tidak, nanti akan menular,” tuntut Wanimbo.

Pelaksana Tugas General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Sentani Jayapura, Sulkifli mengatakan pihaknya telah memiliki dan menjalankan Prosedur Operasi Standar untuk menangkal virus Corona masuk ke Papua. “Terkait fasilitas penanganan, kami mendukung. Dan sudah ada Prosedur Operasi Standar,” kata Sulkifli dalam dialog itu.

Ia menyatakan pihaknya telah menjalankan tahapan pengamanan dan pengawasan setiap penumpang yang ada di Bandara Sentani. Selain itu, lingkungan bandara juga rutin disterilisasi. “Secara periodik fasilitas umum [di bandara] kami sterilisasi,” ucapnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top