HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tutup karena Corona, Dukcapil Nabire hanya ladeni pengurusan dokumen terkait jaminan kesehatan

Warga sedang membaca pengumuman dokumen kependudukan di Kantor Dispendukcapil Nabire – Jubi/Titus Ruban

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Berhubung semakin merebaknya virus Corona atau Covid 19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Nabire menutup pelayanan administrasi kependudukan selama 14 hari ke depan.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil, Yeremias Mote mengakui, pihaknya mengambil keputusan itu berdasarkan arahan Dirjen Dukcapil, Pemerintah Provinsi Papua, dan pernyataan Bupati Nabire. Lantaran Nabire ditetapkan sebagai daerah siaga darurat Covid – 19.

“Jadi kami dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire mengurangi volume pelayanan dalam jangka waktu 14 hari kerja,” kata Yermias Mote ketika dikonfirmasi Jubi per telepon, Rabu, (18/3/2020).

Namun pihaknya akan tetap melakukan pelayanan hanya khusus diberikan kepada masyarakat yang benar-benar dibutuhkan. “Itupun seperti keperluan BPJS, dan keperluan jaminan kesehatan lainnya. Yang adminsitrasi kependudukan lain itu tidak,” ucapnya .

Karena itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pengurusan dokumen kependudukan apabila tidak penting.

“Selama 14 hari ke depan, kami minta warga jaga diri di rumah bersama keluarga. Sebab pelayanan penerbitan dokumen kependudukan berupa kartu keluarga, akta kelahiran, akta nikah, KIA, akta kematian, pindah datang dan surat keterangan sementara sangat tidak bisa kami layani,” ungkapnya tegas.

Loading...
;

Bupati Nabire, Isaias Douw mengimbau kepada warganya, termasuk para Bupati di daerah Meepago untuk selalu menjaga diri agar terhindar dari wabah tersebut.

Sebab, kata Douw, saat ini semua daerah membutuhkan peralatan untuk menangkal Corona, bila di daerah Jawa atau lainnya semua menggunakan alat, lalu stok terbatas misalnya, maka korbanlah orang Papua.“Makanya alangkah baiknya kita menghindar dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Menjaga kesehatan diri dan keluarga sambil mengikuti instruksi pencegahan dari pihak kesehatan,” katanya. (*)

 

Editor: Syam Terrajana

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa