Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Uang lusuh di Maluku capai Rp1,084 triliun

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Ambon, Jubi – Uang lusuh atau tidak layak edar yang masuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku tercatat sebanyak Rp1,084 triliun sejak Januari hingga pertengahan Mei 2017.

"Kebanyakan yang masuk ke BI Maluku melalui proses penukaran rata-rata dari dunia perbankan di daerah ini," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi di Ambon, Kamis.

Uang lusuh di Maluku capai Rp1,084 triliun 1 i Papua

Ia mengatakan uang lusuh yang masuk dari masyarakat jumlahnya sangat kecil sebab selama ini uang lusuh atau tidak layak edar milik masyarakat masuk melalui bank-bank yang kemudian dilakukan penukaran oleh bank tertentu.

"Jadi hampir 90 persen uang lusuh yang masuk ke BI melalui perbankan yang tersebar di seluruh Provinsi Maluku," katanya.

Bambang mengatakan hanya saja sampai saat ini BI Maluku belum melakukan pemusnahan terhadap uang-uang lusuh tersebut sebab baru saja terjadi pergantian mesin peracik atau mesin pemusnahan.

"Jadi mesin peracik yang lama sudah ditarik dan diganti dengan mesin yang baru dan dipastikan volumenya lebih besar karena itu kami belum mengoperasikannya," ujarnya.

Loading...
;

Jumlah uang lusuh ini sudah termasuk dengan hasil penukaran saat pelaksanaan ekspedisi kas keliling BI jilid III yang dilakukan 3-8 Mei 2017 ke pulau-pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Aru.

"Kami melakukan penukaran uang lusuh selama kegiatan ekspedisi kas keliling di Kepulauan Aru mencapai Rp2.250.000.000 lebih," ujarnya.

BI Maluku bakal menyiapkan sedikitnya Rp1,39 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah hingga Idul Fitri.

"Meningkat dari 2016 di mana realisasi hanya mencapai Rp764 miliar. Itu artinya cadangan BI Maluku untuk 2017 hampir duakali lipat dari tahun lalu," katanya.(*)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top