HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Uji coba rudal AS, Korut : berpotensi ciptakan perang baru

Ilustrasi, pixabay.com
Uji coba rudal AS, Korut : berpotensi ciptakan perang baru 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Seoul, Jubi – Juru bicara Korea Utara, menilai uji coba rudal jelajah jangka menengah dan rencana pengerahan jet F-35 beserta peralatan militer oleh AS di sekitar semenanjung Korea merupakan langkah berbahaya yang dapat menciptakan perang dingin baru di kawasan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut menginformasikan negaranya tetap pada pendirian untuk menyelesaikan semua isu melalui dialog dan perundingan. “Namun dialog yang diiringi dengan ancaman militer tidak menarik bagi kami,” tulis pernyataan itu, kamis (22/8/2019).

Uji coba rudal AS, Korut : berpotensi ciptakan perang baru 2 i Papua

Pembicaraan antara AS dan Korut belum digelar kembali sejak tertunda oleh kandasnya KTT kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un di Hanoi pada Februari.

Trump dan Kim bertemu kembali pada Juni di perbatasan antar-Korea dan keduanya sepakat untuk membuka kembali perundingan tersebut.

Utusan AS yang memimpin pembicaraan dengan Korut, Stephen Biegun, telah berada di Seoul sejak Selasa setelah singgah sejenak di Jepang untuk membahas denuklirisasi Korut.

“Kami siap untuk terlibat segera setelah mendengar dari mitra-mitra kami di Korea Utara,” kata Biegun, Rabu.

Pernyataan Korut juga menggemakan protes berulang-ulang terhadap senjata teknologi tinggi yang diimpor oleh Korea Selatan seperti jet siluman F-35, dan menyebut mereka melakukan “provokasi serius.”

Pentagon pada awal pekan lalu mengatakan pihaknya menguji coba rudal jelajah yang diluncurkan di darat dengan jangkauan lebih dari 500 kilometer atau 310 mil, suatu uji coba pertama kali sejak Amerika Serikat menarik diri dari Pejanjian Kekuatan Nuklir Jangka Menengah. (*)
Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top