TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Ukraina evakuasi wartawan hingga aktivis dari Afghanistan

Evakuasi Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Kyiv, Jubi – Sebuah pesawat militer Ukraina telah mengevakuasi 83 orang terdiri wartawan, aktivis, serta perempuan dan anak-anak dari Kabul pada Minggu, (22/8/2021).  Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba mengatakan ribuan orang yang ingin pergi menghindari kekuasaan Taliban di Afghanistan telah berkerumun di bandara, sementara Amerika Serikat dan negara-negara lainnya berupaya mengevakuasi ribuan diplomat dan warga sipil mereka serta banyak warga Afghanistan.

“Hari ini, sebuah pesawat militer Ukraina membawa 83 orang keluar dari Kabul. 31 warga Ukraina+para warga negara asing: jurnalis @RFERL, @WSJ, @USATODAY, aktivis hak asasi manusia, perempuan dan anak-anak Afghanistan,” kata Kuleba melalui cuitan.

Baca juga : Taliban kuasai Afghanistan, UNESCO desak perlindungan budaya setempat 

Lari dari Afghanistan, cerita warga ketika Taliban berhasil kuasai negaranya 

Puluhan negara sampaikan pernyataan untuk Afghanistan

Menurut Kuleba, warga yang dievakuasi sudah aman di Kyiv. “Kita tidak meninggalkan warga negara kita, kita juga membantu yang lainnya. Sedang berupaya untuk melakukan evakuasi lebih lanjut,” tulis Kuleba lebih lanjut.

Dalam pernyataan terpisah, kantor presiden Ukraina mengatakan ada 100 warga Ukraina yang masih berada di Afghanistan. Ukraina pekan lalu membantu evakuasi Sahraa Kairimi, seorang produser film Afghanistan serta perempuan pertama yang mengepalai Organisasi Film Afghanistan –badan yang dimiliki pemerintah setempat. Sedangkan pada hari Minggu kemarin Taliban pada Minggu melakukan penertiban di luar bandara.

Para saksi mata menyebutkan kelompok itu melepaskan tembakan ke udara dan menggunakan pentungan untuk memaksa orang-orang antre secara tertib di pintu-pintu masuk utama dan agar mereka tidak berkerumun melewati garis yang ditetapkan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us