Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

ULMWP akan saksikan referendum Kaledonia Baru

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Petinggi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) akan menyaksikan proses referendum rakyat Kaledonia Baru (Kanaki), Minggu 4 November 2018.

"ULMWP hadir untuk memberi dukungan sebagai bagian dari Melanesian Spearhead Group (MSG) dan sebagai senasib," ujar kepala kantor koordinasi ULMWP, Markus Haluk kepada jurnalis Jubi di Waena, Kota Jayapura, Papua, Minggu (21/10/2018).

ULMWP akan saksikan referendum Kaledonia Baru 1 i Papua

Sebagai bangsa senasib, rakyat West Papua wajib memberikan dukungan melalui doa dan puasa. "Kita memberikan dukungan doa supaya mereka (rakyat Kanaki) bisa memilih dengan bijak," ujarnya.

Peristiwa yang sama akan dihadapi rakyat Bougainville yang akan melakukan Referendum pada 15 Juni 2019, untuk mengakhiri perang saudara dan merdeka dari Negara Papua Nugini.

Haluk mengatakan Kanaki (Kaledonia Baru), Bougainville dan West Papua adalah wilayah Melanesia yang sedang berjuang menentukan nasib sendiri. West Papua berjuang lepas dari Indonesia. Bogainville dari Papua New Guinea dan Kanaki dari Perancis.

Ketua Dewan Adat Papua, Dominikus Surabut mengatakan solidaritas sesama keluarga Melanesia harus terbangun, tanpa melihat perbedaan.

Loading...
;

"Orang Papua, orang Kanaki, orang Bougainville, Vanuatu, Kepulauan Solomon dan Fiji itu satu rumpun. Harus saling mendukung membebaskan diri dari ketergantungan terhadap penjajah," katanya.

Karena itu, dewan adat sudah memberikan mandat politik kepada ULMWP untuk memperjuangkan nasib rakyat West Papua bebas dari penindasan. Termasuk membangun pondasi politik solidaritas Melanesia.

"Kita sudah beri mandat untuk itu melalui kongres luar biasa di Lapago," ujar dia.(*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top