ULMWP Meepago memperingati 1 Desember

Ibadah bersama memperingati HUT Kemerdekaan West Papua di Nabire. - Jubi/Ist

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – The United Liberation movement for West Papua (ULMWP) Wilayah Meepago telah menggelar ibadah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik West Papua ke-59 di Nabire, Selasa (1/12/2020).

Parlemen Nasional West Papua PNWP Wilayah Meepago, Nawipa Habel, menjelaskan diadakannya peringatan ini karena dunia internasional bahkan Indonesia sudah mengetahui bahwa 1 Desember adalah Hari Kemerdekaan Negara Republik Papua Barat.

“Mulai dari tahun 1961 hingga sampai detik ini, saya mulai mengangkat dan menceritakan bahwa hari ini bersejarah di mana secara de fakto menyatakan sikap bahwa Papua harus merdeka dari kolonial Belanda. Tetapi oleh karena kepentingan pada 1963 ada Trikora untuk membunuh nasib hidup bangsa West Papua yang dideklarasikan 1961 ini,” ujar Nawipa dalam sambutannya.

Ia mengatakan, sampai tahun 1969 direkayasa dan dimanipulasi pelaksanaan Pepera 1969 hingga dalam New Agreement itu lima tahun Indonesia menjajah, membina dan membimbing. “Tetapi ada satu yang pernah diungkapkan oleh Soekarno bahwa, ‘saya membina bangsa yang primitif’ itu betul-betul serius diterima oleh Karel Gobai, dia adalah seorang Wakil Bupati dan dia termasuk juga sebagai dewan New Guinea Raad,” katanya.

Ketua Gerakan Komunal (GK) West Papua daerah Nabire, Yulian Bunai, mengatakan banyak nyawa yang sudah menjadi korban, bahkan hingga sekarang masih banyak rintangan dan penghalangan untuk hidup damai dan sejahtera di atas tanah sendiri.

“Kami tetap memperingati karena hari lahirnya embrio negara bangsa Papua Barat dari Sorong sampai Merauke, rakyat Papua Barat tetap memperingatinya sebab itu hari kemerdekaan bangsa Papua,” ungkapnya. (*)

Loading...
;

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top