Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

ULMWP sampaikan duka cita pada korban rusuh Papua

Sesi jumpa pers Markus Haluk Direktur Eksekutif di West Papua bersama Edison Waromi Ketua Komite Legislatif ULMWP - Jubi/Agus Pabika.
ULMWP sampaikan duka cita pada korban rusuh Papua 1 i Papua
Sesi jumpa pers Markus Haluk Direktur Eksekutif di West Papua bersama Edison Waromi Ketua Komite Legislatif ULMWP – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) menyampaikan ungkapan duka cita pada korban tragedi kemanusiaan di Papua terutama warga sipil yang meninggal saat aksi demonstrasi di Wamena.

Direktur Eksekutif ULMWP di West Papua Markus Haluk mengatakan, berbagai aksi di Papua termasuk di Wamena murni kegiatan yang dilakukan masyarakat karena tersakiti ujaran rasisme yang diduga dilontarkan oknum guru.

ULMWP sampaikan duka cita pada korban rusuh Papua 2 i Papua

“Akibat perlawanan rasisme siswa di Wamena mengakibatkan korban jiwa, luka-luka berat dan harta benda,” kata Markus.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan ULMWP tercatat korban jiwa akibat kerusuhan Wamena mencapai 40 orang warga sipil. Selain itu Korban luka tembak dan penikaman berjumlah 82 orang. 351 ruko terbakar, 27 unit rumah, satu pasar, 150 kendaraan roda dua dan 100 unit kendaraan roda empat.

Dari kejadian itu tercatat pula jumlah pengungsi sebanyak 6.584 orang dan 15 ribu lainnya meninggalkan Papua untuk kembali ke kampung halaman.

Sementara itu di tempat yang sama Edison Waromi Ketua Komite Legislatif ULMWP menegaskan, perjuangan yang dilakukan selama ini bukanlah melawan pendatang.

Loading...
;

“Perjuangan nasional bangsa Papua melalui ULMWP juga tidak dilandasi oleh sentimen SARA (Suku, Agama, dan Ras) melainkan terus menuntut kepada pemerintah Indonesia dan para pihak yang terlibat dimasa lalu untuk memberikan Referendum sebagai solusi demokratis, adil dan beradap untuk menentukan nasib sendiri bagi rakyat bangsa Papua sebagaimana segenap rakyat Indonesia memperolehnya melalui proklamasi pada 17 Agustus 1945 dari Kekuasaan Jepang dan Belanda,” kata Waromi. (*)

Editor: Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top