Follow our news chanel

Previous
Next

Umat Katolik Jayawijaya kumpul dana bangun gereja dengan tradisi eka sula

Umat Katolik di Jayawijaya mengumpulkan dana pembangunan Gereja Paroki Kristus Jaya Wamena, Kamis (6/8/2020). -Jubi/Islami

Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Masyarakat hingga komunitas basis (kombas) atau umat Katolik lingkungan luar kota di Wamena, melakukan eka sula atau pengumpulan uang dalam noken, untuk pembangunan Gereja Paroki Kristus Jaya Wamena yang baru, Kamis (6/8/2020). Hal ini menjadi salah satu cara unik bagi umat Katolik melakukan pengumpulan dana membangun gereja.

Pengurus Gereja Katolik lingkungan Honelama, Niko Kossay, mengatakan tradisi eka sula ini menjadi satu kekuatan umat dalam menyelesaikan tanggung jawab untuk pembangunan gereja baru.

Menurut Niko Kosaay, panitia memberikan tanggung jawab bagi setiap kepala keluarga menyumbang Rp 10 juta, namun karena kondisi umat tidak semuanya mampu, maka dilakukanlah tradisi eka sula.

“Cara ini ternyata bisa memberikan hasil yang cukup besar untuk mengamalkan penghasilan demi kepentingan pembangunan gereja, menggunakan budaya kita masukan uang di satu tempat sembari wisisi (tarian ala Balim), dan hasilnya bisa melebihi target dari beban yang diberikan panitia Rp 1,8 miliar,” katanya.

Ketua panitia pembangunan Gereja Katolik Paroki Kristus Jaya Wamena, Marthin Yogobi, mengatakan pengumpulan dana ini merupakan satu keputusan yang dikeluarkan melalui SK DPP sejak 2017.

Pengumpulan dana tersebut merupakan hari terakhir dari tahap pertama pengumpulan yang ditentukan oleh panitia. Ada satu lingkungan gereja yang telah mengumpulkan dana melampaui target yang ditentukan yaitu umat dari lingkungan Honelama.

Loading...
;

“Satu lingkungan yang sudah mengumpulkan dana itu dari umat lingkungan Honelama. Mereka sudah melampaui target. Umat Honelama jumlah KK ada 89 jadi beban mereka berarti Rp 890 juta, tapi ternyata mereka melampauinya hampir Rp 1,8 miliar,” ujarnya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top