Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-juara-noken
Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura saat berbincang dengan pengrajin noken usai menerima hadiah dan piala dalam lomba kreasi noken di Kantor Wali Kota Jayapura, Papua. - Jubi/Ramah

UMKM di Kota Jayapura diharap tetap berkreasi di tengah pandemi Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengajak seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah khususnya para pengrajin noken kulit kayu dan benang, agar tetap berkreasi meski di tengah pandemi Covid-19.

“Talenta ada pada diri mama-mama Papua. Itu bukan diajari orang lain tapi talenta seperti merajut noken. Berkreasi membuat tas ransel, dan tempat handphone, dan lainnya untuk menambah pendapatan,” ujar Tomi Mano usai menyerahkan hadiah dan piala kepada pengrajin noken yang mendapatkan juara di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (27/10/2020).

Menurut Tomi Mano, berkreasi untuk menghadirkan produk berkualitas, seperti warna dan motif supaya orang senang dan tertarik terutama sesuai warna khas Kota Jayapura, yaitu putih, merah, hitam, dan kuning.

“Warna-warna ini sesuai kearifan lokal di 14 kampung di Kota Jayapura. Kami akan menyiapkan tempat khusus penjualan noken. Maka itu harus ada bimbingan, pelatihan, dan pendampingan supaya produk noken lebih bagus lagi,” ujar Tomi Mano.

Terkait peserta lomba kreasi noken tingkat Kota Jayapura 2020, diakui Tomi Mano, semua noken baik kulit kayu dan benang semuanya bagus-bagus. Hanya saja untuk mendapatkan juara harus dilihat dari seni dan kreativitas masing-masing agar indah dipandang mata.

“Saya minta kepada Disperindagkop untuk melakukan penataan pengrajin noken supaya bisa dibangun tempat khusus untuk mereka bisa berjualan. Saya berdoa mama-mama Papua sehat agar terus berkreativitas untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri dan keluarga,” ujar Tomi Mano.

Baca juga: Pandemi Covid-19 belum berakhir, warga diminta jaga kesehatan

Loading...
;

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, mengatakan sebanyak 280 pengrajin noken yang mengikuti lomba kreasi adalah binaan Disperindagkop dan Dekranasda Kota Jayapura.

“Lomba kreasi noken ini untuk melihat sejauh mana antusiame dari kreativitas mama-mama Papua di Kota Jayapura dalam menganyam dan merajut noken. Ternyata rajutannya hebat-hebat dan saya sangat terkesan,” ujar Awi.

Awi menambahkan, untuk lomba kreasi tahun depan akan dibuat lebih meriah dengan mengikutsertakan seluruh pengrajin noken.

“Kriteria penilaiannya adalah orisinal atau keaslian noken, kreativitas, kerumitan membuat, dan perpaduan warna. Saya berharap dengan lomba kreasi ini dapat memacu kreativitas mama-mama Papua pengrajin noken. Untuk noken yang menjadi pemenang menjadi hak milik Disperindagkop, dan yang kalah nokennya dikembalikan kepada masing-masing pembuatnya,” ujar Awi.

Sebagai informasi, ada pun juara I pemenang lomba kreasi noken tingkat Kota Jayapura 2020 untuk kategori noken benang berhasil dimenangkan oleh nomor undian 138 dengan nilai 340 atas nama Nurhayati Wanggai, dan juara I lomba kreasi noken kategori kulit kayu berhasil dimenangkan oleh nomor undian 62 dengan nilai 355 atas nama Julian Horota.

Pemenang lomba kreasi noken berhak mendapatkan uang pembinaan, piala, dan bahan baku membuat noken baik kulit kayu dan benang. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top