Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua
Manajemen PT Pertamina MOR VIII Papua Maluku saat mensosialisasi penyaluran program dana kemitraan kepada pelaku UMKM mitra binaan Pertamina di salah satu hotel di Jayapura. - Jubi/Ramah

UMKM di Kota Jayapura diharapkan bangkit di tengah pandemi Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  PT Pertamina MOR VIII Papua Maluku menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp 2 miliar lebih. Dana ini diberikan kepada 40 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, yang menjadi mitra binaan Pertamina.

Unit Manager Communication Relation dan CSR MOR VIII PT Pertamina Papua Maluku, Edi Mangun, mengatakan dengan bantuan tersebut, UMKM mampu melebarkan pasarnya sehingga bangkit di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 atau virus korona.

“Saya berharap dana kemitraan ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga usaha yang dijalankan bisa menghasilkan untuk peningkatan ekonomi dan mampu menyerap lapangan kerja,” ujar Mangun saat usai penyerahan dana kemitraan di salah satu hotel di Jayapura, Selasa (27/10/2020).

Menurut Mangun, pandemi Covid-19 membuat omzet pelaku UMKM sangat terpuruk bahkan ada yang nyaris tidak melakukan aktivitas sama sekali. Untuk itu, dana kemitraan yang diberikan Pertamina bisa menjadi angin segar agar memulai usaha dengan semangat.

“Tetap semangat dan teruslah menghasilkan produk-produk yang berkualitas sehingga laku dijual,” ujar Mangun.

Baca juga: UMKM di Kota Jayapura diharap tetap berkreasi di tengah pandemi Covid-19

Selain memberikan bantuan melalui program dana kemitraan, Mangun menambahkan, PT Pertamina MOR VIII Papua Maluku juga melakukan sosialisasi mengenai penggunaan Bright Gas kepada UMKM mitra binaan agar menjadi branding dari Pertamina.

Loading...
;

“UMKM juga dapat bertransformasi, dari yang sebelumnya menggunakan minyak tanah, dapat beralih ke penggunaan Bright Gas,” ujar Mangun.

Salah satu penerima program kemitraan Pertamina, Steven Ibo, mengaku sangat berterima kasih dengan bantuan yang sudah diberikan.

“Saya mendapatkan bantuan Rp 100 juta. Rencananya dana ini akan digunakan untuk produksi dalam jumlah besar. Saya punya produk usaha VCO (virgin coconut oil), memproduksi sabun, kapsul, dan sabun buah merah. Apalagi permintaan dari produk kami saat ini sangat tinggi,” ujar Ibo.

Ibo menambahkan, usaha yang sudah digelutinya empat tahun dijual di toko, dan memasarkannya melalui media sosial Facebook.

“Sabun mandi dari buah merah dan VCO saat ini permintaan sedang tinggi dan produksi kami juga rencana akan dijadikan produk unggulan untuk PON. Terima kasih kepada Pertamina yang sudah memperhatikan kami,” ujar Ibo. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top