Follow our news chanel

Previous
Next

UMP Papua tahun 2020 naik menjadi Rp3,5 juta

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Merauke, Keliopas Ndiken, saat berikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun
UMP Papua tahun 2020 naik menjadi Rp3,5 juta 1 i Papua
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Merauke, Keliopas Ndiken, saat berikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Merauke, Keliopas Ndiken, mengatakan dengan mengacu Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua, gaji karyawan di setiap perusahaan, mengalami kenaikan menjadi Rp3,5 juta dari sebelumnya Rp 3.249.000.

Demikian disampaikan Keliopas saat ditemui sejumlah wartawan di Swiss-belhotel Rabu (26/2/2020).

“Jadi UMP (yang dikeluarkan) Gubernur Papua menjadi dasar bagi setiap perusahaan untuk melakukan pembayaran terhadap gaji karyawan yang dipekerjakan,” katanya.

Untuk penerapan, menurutnya, sudah harus dilakukan sejak Januari 2020. Jika perusahaan tidak menjalankan SK Gubernur Papua untuk membayar gaji karyawan sesuai UMP, tentunya akan dilakukan pemeriksaan.

“Kita pasti melihat laporan perusahaan setiap bulan terkait gaji karyawan yang dibayar,” ujarnya.

Khusus pemantauan di lapangan, lanjut dia, biasa dilakukan setahun empat kali. Jika dalam laporan maupun pemantauan yang dilakukan, pembayaran UMP tidak sesuai, perusahaan dimaksud akan diberikan sanksi tegas.

Loading...
;

Diakui tahun tahun sebelumnya, ada sejumlah perusahaan melakukan pelanggaran, lantaran tak membayar gaji karyawan sesuai UMP yang ditentukan.

“Memang kami minta penjelasan dari perusahaan.  Kalau ada alasan mendasar, masih dapat dipertimbangkan kembali,” katanya.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Dominikus Ulukyanan, beberapa waktu lalu mengatakan setiap perusahaan wajib membayar gaji karyawan sesuai UMP yang dikeluarkan oleh gubernur.

“Ya kalau perusahaan mempekerjakan karyawan, maka wajib hukumnya membayar apa yang menjadi hak karyawan untuk setiap bulan sesuai standard UMP,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top