Follow our news chanel

Undang-undang Kesejahteraan Anak dan Keluarga atasi perubahan sosial di Solomon

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Menteri Kesehatan dan Layanan Medis Dr Tautai Kaitu'u berbicara di parlemen terkait UU Kesejahteraan Anak dan Keluarga. Menurut dia modernisasi telah mengubah perilaku sosial dikalangan anak-anak, yang bergerak menjauh dari keluarga karena mencari pendidikan dan pekerjaan yang lebih baik.

Dr Tautai mengatakan Kepulauan Solomon di masa lalu masyarakat masih memberi perhatian besar pada pemeliharaan dan perawatan anak-anak, sementara perubahan sosial saat ini membuat mereka tambah rentan terhadap pelecehan dan eksploitasi.

Dia juga mengatakan UU Kesejahteraan Anak dibuat untuk mengatasi beberapa kecenderungan sosial baru ini dengan pasal-pasal yang mencakup perlindungan dan kesejahteraan anak-anak.

UU itu dimaksudkan agar keluarga dan komunitas bisa mendapatkan saran-saran dan dukungan terkait bagaimana memelihara dan melindungi anak-anak. Hal itu juga akan memberi wewenang kepada para petugas kesejahteraan sosial untuk membantu proses ini.

Beberapa waktu lalu, sebuah studi yang dilakukan oleh Kementerian Perempuan, Anak, Kaum Muda dan Urusan Keluarga Kepulauan Solomon menyatakan bahwa negeri itu tidak lagi menjadi tempat yang aman bagi anak-anak.

Sekretaris Permanen Kementerian, Ethel Sigimanu mengatakan bahwa laporan dari tahun 2008 hingga saat ini sangat mencemaskan. Dalam laporan itu mengindikasikan kekerasan terhadap anak di Kepulauan Solomon sangat tinggi.

Loading...
;

Dia mengatakan studi skala nasional sudah dilakukan untuk mengumpulkan data terkait kekerasan berbasis gender dan pelecehan terhadap anak.

Menurut Sigimanu bentuk pelecehan baik terkait seksual maupun fisik, ditambah dengan pengabaian anak-anak.

Seringkali, lanjutnya, para pelaku kejahatan terhadap anak ini, malah mereka yang seharusnya member perlindungan, cinta dan pemeliharaan keluarga.

Dia juga mengungkapkan studi itu menunjukkan banyak anak-anak bahkan mengalami pelecehan setiap hari.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top