Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

UNDP menganalisis kekerasan gender di Nimbokrang

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat membuka diseminasi analisis situasi kekerasan berbasis gender di Kampung Nimbokrang Sari dan Bunyom - Jubi/IST
UNDP menganalisis kekerasan gender di Nimbokrang 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat membuka diseminasi analisis situasi kekerasan berbasis gender di Kampung Nimbokrang Sari dan Bunyom – Jubi/IST.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan 16 days of Activism against Gender-Based Violence (GBV) dalam rangka memperingati hari International Day for the Elimination of Violence against Women and Children, UNDP bersama mitra kerja Semarak Cerlang Nusantara Research and Education for Social Transformation (SCN CREST), LP3AP dan LBH APIK Papua melakukan diseminasi analisis situasi kekerasan berbasis gender di Kampung Nimbokrang Sari dan Bunyom, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi global program UNDP berjudul “Planning and Paying to Address GBV in Papua” yang juga bekerja sama dengan the United Nations International Institute for Global Health (UNU IIGH) yang juga dilakukan di beberapa negara lain seperti Moldova dan Peru.

“Dalam melakukan analisis situasi KBG, SCN CREST menggunakan Sistem Pemantauan Perkembangan Organisasi Menuju Kesadaran Gender (SIMPPOK) yang mengukur komponen-komponen gagasan dasar, tata kelola kelembagaan, program, sumber daya keuangan, sumber daya manusia, dan sumber daya eksternal,” kata Ketua Tim Analisis, Tomi Soetjipto seperti dalam rilis yang diterima Jubi, Kamis (12/12/2019).

Dia mengatakan, hasil pengukuran menunjukan bahwa tingkat kesadaran gender di kedua kampung tersebut berada pada level gender praktis. Lembaga sadar dan peduli akan masalah ketimpangan gender dan berupaya mengatasinya dengan pengaturan kelembagaan untuk memenuhi kebutuhan praktis perempuan dan laki-laki.

Namun anggota masyarakat di kedua kampung masih menegaskan bahwa urusan perlindungan perempuan dan anak masih menjadi isu yang mendesak dan penting untuk terus diagendakan dalam perencanaan pembangunan kampung.

“Yang bisa menolong diri kita adalah kita sendiri. Jadi, jangan terlalu memikirkan birokrasi, tetapi penting untuk bergerak terlebih dahulu, jangan menunggu saja,” kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat membuka kegiatan tersebut di ruang pertemuan kantor bupati Jayapura.

Loading...
;

Bupati Mathius menekankan pentingnya pemerintah daerah menjemput berbagai inovasi yang dibawa ke kabupaten yang dipimpinnya, agar memungkinkan daerah berkembang menjadi lebih baik.

Beliau juga menegaskan bahwa peran perempuan juga penting, terutama kepada masyarakat adat.

“Dengan perubahan dunia yang ada, maka baik perempuan dan laki-laki perlu mendapatkan akses yang sama terhadap sumber daya yang ada.”

Siprianus Bate Soro, Head of Democratic Governance and Poverty Reduction Unit UNDP Indonesia mengatakan, Papua dapat menjadi inovator yang tangguh  untuk mengeliminasi KBG di Papua.

“Salah satu keunggulan dari kegiatan ini adalah tidak hanya memberdayakan masyarakatnya tetapi juga memastikan bahwa pelayanan untuk penanganan KBG tersedia sesuai kebutuhan masyarakat,” katanya.

Kedepannya, kata dia, pemerintah Kabupaten Jayapura meminta proyek ini agar dapat menyampaikan rekomendasi hasil analisis situasi sehingga dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Jayapura bebas kekerasan.

“Sedangkan di level kampung, masukan dari masyarakat kampung akan dimasukkan dalam rencana aksi berbasis kampung untuk perlindungan perempuan dan anak serta diintegrasikan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Kampung (RKAK) pada kedua kampung lokasi proyek,” katanya. (*)

 

Editor: Angela Flassy

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top