UNICEF – Pemkab Jayawijaya lanjutkan kerjasama bidang pendidikan

UNICEF - Pemkab Jayawijaya lanjutkan kerjasama bidang pendidikan 1 i Papua
Pertemuan Bupati Jayawijaya bersama UNICEF tentang pendidikan di ruang kerja bupati-Jubi/Dok Humas Jayawijaya

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan UNICEF mencoba menjalin kembali kerjasama yang selama ini dilakukan. Khususnya di bidang pendidikan .

Salah satunya ialah mengenai replikasi program literasi kelas awal, karena di Desember 2018, pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri sudah mengirimkan surat edaran tentang program tersebut ke semua gubernur dan bupati/ wali kota se Indonesia.

“Bupati sangat tertarik supaya program literasi kelas awal. Ini bisa direplikasikan di sekolah-sekolah lain yang belum diintervensi pada kerjasama sebelumnya periode 2015-2018,” ujar kepala kantor UNICEF Papua dan Papua Barat, Trilaksono Harisantoso usai melakukan pertemuan dengan Bupati Jayawijaya di ruang kerja bupati, Rabu (27/2/2019).

Nantinya, hal ini akan didiskusi lebih lanjut dengan dinas pendidikan untuk memastikan bahwa 124 SD di Jayawijaya dapat mengadopsi program literasi kelas awal.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan guru mengajar Bahasa Indonesia, sehingga nanti ke depan siswa kelas II dan III SD bisa dipastikan mampu membaca dan memahami isi bacaan, bukan hanya bisa membaca saja,” katanya.

Dari survei di 2015 atau kerjasama yang dilakukan sebelumnya, persentase siswa kelas II dan III SD yang belum mampu membaca tercatat sekitar 70 persen.

Setelah dilakukan intervensi selama dua tahun, dengan dilakukan pengukuran melalui evaluasi di 2017, angka tersebut bisa ditekan jadi 14 persen.
“Jayawijaya ini adalah uji coba model, ketika model ini berhasil itu menjadi peran dan dukungan pemerintah daerah maupun provinsi dan kementerian untuk mereplikasi menggunakan APBD, UNICEF hanya memberikan dukungan teknis, supaya pemerintah daerah, nasional bisa memastikan anak-anak kelas II dan III SD bisa membaca dan memahami isi bacaan,” ujarnya.

Loading...
;

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua menyatakan kerjasama ini akan dilakukan secepatnya pada tahun ini.

“Kita harus siapkan dana untuk kerjasama dengan UNICEF, kami setuju melakukan program kerjasama pelatihan bagi guru. Kami terima penawaran ini,” kata Banua.

Untuk itu ia berharap dinas pendidikan dan OPD terkait lainnya berkoordinasi dengan UNICEF.

“Mudah-mudahan ke depan bisa kita tingkatkan lagi, khusus untuk para orang tua tuna aksara,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top