Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Universitas Hong Kong pecat akademisi pro-demokrasi

Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Hong Kong, Jubi – Pengelola Universitas Hong Kong memecat Benny Tai, akademisinya yang menjadi aktivis pro-demokrasi veteran. Benny Tai, dipecat dari posisinya sebagai associate professor atau profesor rekanan bidang hukum.

Tai merupakan tokoh utama dalam aksi protes “Payung” di Hong Kong pada 2014. Ia menyebut keputusan kampus tempatnya mengajar itu sebagai akhir dari kebebasan akademik di kota yang berada dalam kekuasaan Cina.

Universitas Hong Kong pecat akademisi pro-demokrasi 1 i Papua

“Ini menandai berakhirnya kebebasan akademik di Hong Kong,” kata Tai lewat unggahan di Facebook, seperti dilansir Reuters, Selasa, (28/7/2020) kemarin.

Baca juga : Protes di Hong Kong mereda menjelang pemilihan lokal

Demonstran Hong Kong kembali bentrok, kali ini beri dukungan ke Uighur

Inggris desak China berdialog dengan demonstran Hong Kong

Loading...
;

Tai menilai Institusi di akademik di Hong Kong tidak dapat melindungi anggota mereka dari gangguan dalam dan luar.

Tercatat Aksi demonstrasi “Payung” ini sempat membuat Hong Kong menjadi lumpuh selama 79 hari saat demonstran menduduki jalan utama Hong Kong menuntut demokrasi yang lebih besar. Pengadilan menjatuhkan hukuman 16 bulan di penjara pada 2019 atas dua pelanggaran gangguan publik.

Namun, Tai dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu putusan atas banding yang diajukannya lewat jalur hukum. Putusan ini membuat pengelola Universitas Hong Kong mengkaji ulang posisinya.

Sedangkan pada Selasa, (28/7/2020) dewan pengelola kampus membalik putusan sebelumnya oleh senat universitas bahwa tidak ada dasar kuat untuk pemberhentiannya.

Tai juga menjadi sasaran Cina pada Juli ini karena perannya membantu mengorganisir Pemilu tidak resmi untuk kelompok oposisi pro-demokrasi baru-baru ini. Pemilu tidak resmi ini digelar untuk memilih kandidat yang akan ikut pemilu mengisi dewan legislatif di Hong Kong. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top