UP2KP-Pemprov Papua Jadwalkan Seminar-Kosultasi Kesehatan

Jayapura, Jubi/Antara – Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) bersama pemerintah provinsi setempat menjadwalkan pelaksanaan seminar dan konsultasi kesehatan bertema deteksi dini penyakit jantung, paru, pembuluh darah dan stroke bagi masyarakat setempat.

Panitia pelaksana berencana menggelar seminar dan konsultasi kesehatan di Gedung Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua pada 201 Agustus 2015. Kegiatan tersebut bertemakan “deteksi dini penyakit jantung, paru, pembuluh darah dan stroke,” bagi masyarakat Papua.

Ketua pelaksana, dr Sihar Deddy Siahaan menjelaskan, dasar pemikiran pelaksanaan kegiatan tersebut mengacu pada laporan badan kesehatan dunia (WHO) September 2009 yang menyebutkan, sampai saat ini penyakit jantung menjadi penyebab kematian yang utama.

Sementara, dari riset kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI pada 2007 menyatakan penyakit kardiovaskuler tetap sebagai penyebab kematian utama di Indonesia sebesar 36,2 persen dari seluruh penyebab kematian.

Nah, kata dia, tidak menutup kemungkinan khusus banyaknya penyakit jantung, paru, pembuluh darah dan stroke di Papua menjadi tren wabah penyakit tersebut.

Tetapi sangat disayangkan, data-data tidak mencukupi dalam laporan karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan alat kedokteran yang mendukung.

“Mengigat akhir-akhir ini sering kali dijumpai kasus, khususnya di Papua, pasien dengan mati mendadak ataupun menderita stroke secara tiba-tiba, ketika aliran darah yang menuju ke otot jantung terhambat akibat penimbunan lemak ataupun kalsium maka penyakit ini mampu merengut nyawa seseorang seketika,” ujarnya, Rabu (12/8/2015).

Loading...
;

Dengan pengetahuan ini, lanjut dia, UP2KP mempunyai tanggungjawab untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum dengan melibatkan para pakar di bidang terkait untuk membahas penyakit jantung, paru, pembuluh darah dan stroke. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top