Upaya pencegahan korupsi di Papua jalan di tempat

KPK di Papua
Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata dan Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun. - Jubi/Alexander Loen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menilai upaya pencegahan korupsi di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dan 29 pemerintah kabupaten/kota di Papua jalan di tempat alias stagnan. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Kota Jayapura, Selasa (23/11/2021).

Alex menyatakan skor Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK terhadap upaya pencegahan korupsi di Papua pada 2020 adalah 25 persen. Skor itu lebih buruk ketimbang skor pencegahan korupsi 2019, yang mencapai 34 persen.

Turunnya skor pencegahan korupsi itu menunjukkan intervensi KPK terhadap delapan sektor perencanaan hingga penggunaan anggaran publik perlu ditingkatkan. Kedelapan sektor itu mulai perencanaan dan penganggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pengadaan barang/jasa, perizinan, pengawasan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, manajemen Aparatur Sipil Negara, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, serta tata kelola keuangan.

Baca juga: Terpidana korupsi dinas pendidikan Papua ditangkap setelah buron sembilan tahun

Alex menegaskan skor MCP di Papua baru akan meningkat jika kepala daerah berkomitmen serius memaksimalkan kinerja delapan sektor tersebut. Tanpa komitmen kepaka daerah, intervensi KPK dalam delapan sektor itu percuma.

“Kuncinya satu, yakni komitmen kepala daerah di Papua. Kami dari KPK tetap akan memberikan pendampingan kepada masing-masing daerah, tapi ya sepanjang komitmen itu ada,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun menyatakan upaya pendampingan KPK di Bumi Cenderawasih sudah dilakukan sejak 2016 lalu. Ia menegaskan Pemerintah Provinsi Papua sangat merespon dan mendukung rencana aksi program pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK.

Loading...
;

“Hanya saja untuk tahun ini, MCP baru mencapai 42 persen. Namun kami tetap optimis akan mengalami pencapaian target yang lebih baik di masa mendatang,” kata Rumasukun. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top